Benarkah Sarapan Es Krim Bisa Membuat Bahagia, Simak Penjelasan Ahli

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi perempuan makan es krim. Foto: Freepik.com/lookstudio

Ilustrasi perempuan makan es krim. Foto: Freepik.com/lookstudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Kabar gembira bagi penyuka es krim, para ilmuwan di Universitas Kyorin Tokyo mengungkap temuan menarik dalam studi terbaru yang menyatakan bahwa mengonsumsi es krim di pagi hari dapat meningkatkan kesejahteraan mental. Meskipun ini mungkin membuat beberapa orang terkejut, studi ini menunjukkan hasil yang menarik.

Studi yang dilakukan pada tahun 2016 melibatkan subjek uji yang diharuskan sarapan makan es krim segera setelah bangun tidur, diikuti dengan serangkaian latihan mental di komputer. Hasilnya sangat mengejutkan, dengan kelompok yang mengonsumsi es krim menunjukkan waktu reaksi yang lebih cepat dan kemampuan pemrosesan informasi yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok yang tidak makan es krim.

Para peneliti juga memantau aktivitas otak subjek dan menemukan peningkatan dalam gelombang alfa frekuensi tinggi. Gelombang ini biasanya terkait dengan kewaspadaan dan penurunan iritasi mental, yang berarti bahwa individu yang mengonsumsi es krim pagi hari menjadi lebih terjaga dan tidak mudah marah.

Namun, penting untuk dicatat bahwa belum ada hubungan mutlak antara makan es krim dan peningkatan kemampuan mental yang bisa dipastikan. Beberapa ahli gizi berpendapat bahwa efek positif ini mungkin disebabkan oleh asupan glukosa yang diberikan oleh es krim, yang membantu otak berfungsi dengan lebih baik.

Katie Barfoot, seorang peneliti doktor psikologi nutrisi, mengatakan, "Penjelasan yang mungkin adalah adanya konsumsi sarapan pagi vs tidak sarapan. Otak kita membutuhkan glukosa untuk berfungsi, dan makanan yang tinggi glukosa akan sangat membantu kapasitas mental dibandingkan dengan otak yang berpuasa."

Namun, temuan ini tetap menarik dan mungkin menjadi argumen yang kuat bagi mereka yang ingin menikmati es krim di pagi hari. Studi ini juga mengungkapkan bahwa makan es krim dapat mengaktifkan "titik kesenangan" di otak yang sama yang aktif saat seseorang memenangkan uang atau menikmati aktivitas favorit mereka.

"Ini pertama kalinya kami mampu menunjukkan bahwa es krim membuat Anda bahagia," kata salah satu peneliti. "Hanya satu sendok saja dapat menerangi zona bahagia di otak dalam uji klinis."

Meskipun temuan ini menarik, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami lebih dalam dampak makan es krim sebagai bagian dari sarapan pagi.

PILIHAN EDITOR:  5 Makanan untuk Atasi Sakit Tenggorokan, dari Sup hingga Es Krim

IVANA FELYSITASWATI PALLA | YOUR TANGO 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."