Selain Soto Lamongan, Simak 4 Kuliner Khas Lamongan yang Menggugah Selera

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Soto Lamongan. Instagram

Soto Lamongan. Instagram

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Siang tadi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) makan siang bersama tiga bakal calon presiden; Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto di Istana Merdeka, Jakarta. Di antara menu yang dihidangkan di atas meja bundar adalah soto Lamongan.

Soto Lamongan diketahui berisi taoge kecambah, soun, daging ayam, telur, dan tambahan bubuk koya. Ciri lain kuliner khas Lamongan ini adalah berkuah kuning yang terbuat dari kunyit.

Bicara soal kepekatan kuah, kuah soto Lamongan di Jawa Timur lebih pekat ketimbang saat dibuat di kota lain, termasuk Jakarta. Dan, telur hanya dijadikan menu tambahan saat menyantap soto Lamongan di Surabaya.

Selain soto Lamongan, dikutip dari lamongankab.go.id, berikut adalah empat kuliner khas Lamongan, Jawa Timur.

1. Pecel Lele Lamongan

Kuliner populer nan melengenda asal Lamongan yang berikutnya adalah Pecel Lele. Kuliner yang satu ini mudah ditemukan di berbagai sudut kota di Pulau Jawa.

Sesuai dengan namanya, Pecel Lele Lamongan memiliki hidangan utama berupa ikan lele yang digoreng kering. Agar semakin lengkap, pecel lele disajikan bersama dengan sambal berbahan tomat segar, cabai rawit dan merah, bawang putih dan merah, dan terasi bakar.

2. Asem Bandeng

Dikenal sebagai kota pesisir, tak mengherankan Lamongan memiliki beragam kuliner berbahan dasar ikan. Salah satunya adalah asem bandeng yang terbuat dari bahan utama berupa ikan bandeng.

Walaupun bernama asam, kudapan ini tidak memiliki rasa asam. Sajian ini terbuat dari kuah bening yang dihidangkan bersama nasi panas. Olahan daging dengan kuah rempah bening di Pulau Jawa dikenal dengan nama ‘asem-asem’.

3. Nasi Boranan

Kudapan yang harus dicoba ketika datang ke Lamongan, Jawa Timur adalah Nasi Boranan. Sajian ini terdiri atas nasi, lauk, bumbu, dan rempeyeng yang disajikan di wadah berbentuk anyaman bambu.

Pilihan lauknya berupa ayam, jeroan, ikan bandeng, telur asin/dadar, tahu, dan tempe. Selain itu, sejumlah pelengkap lauk lain yang disajikan di nasi boranan yaitu empuk (tepung digoreng) dan pletuk (kacang dan remah nasi aking).

4. Bandeng Colo

Bandeng colo merupakan kuliner yang patut dicicipi ketika berada di Lamongan. Sesuai dengan namanya, makanan ini berbahan dasar ikan bandeng yang diolah dengan paduan bumbu khusus. Ketika menyantapnya, tidak perlu khawatir bau tanah atau amis pada bandeng karena bumbu tersebut mampu menghilangkan bau tersebut.

Pilihan Editor: Cerita Sri Mulyani Makan Soto Semarang: Pernak-perniknya Banyak dan Enak

TEMPO | NAOMY A. NUGRAHENI | ANTARA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."