6 Pilihan Makanan Berkuah untuk Buka Puasa, Ada Rawon dan Soto Ayam

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Rawon. shutterstock.com

Rawon. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Malas masak di akhir pekan ini dan sedang cari ide makanan apa yang sebaiknya dibeli untuk buka puasa nanti? Bagaimana dengan makanan berkuah? Tak hanya melepas dahaga, tapi juga menutrisi tubuh dengan kandungan serat dan protein di dalamnya. Apa saja pilihannya? Berikut tujuh di antaranya.

1. Sop Daging

Ilustrasi sop daging. Foto: Pixabay.com/zweifelsfreimitb

Sop daging bisa menjadi salah satu alternatif untuk yang mencari makanan berkuah untuk buka puasa. Selain menyegarkan dengan kuah kaldu dan sayuran, sop daging juga memiliki potongan daging yang mengenyangkan.

2. Sop Iga Sapi

Sop Iga. shutterstock.com

Jika tidak ingin makanan dengan terlalu banyak daging, maka sop iga sapi dapat menjadi pilihan. Pasalnya, sup ini berisi beberapa potong iga sapi yang tak kalah lezat dan cocok disantap ketika berbuka puasa. Bagian iga sapi memang cukup terkenal karena memiliki tekstur yang kenyal dan empuk. Selain itu, sop iga sapi juga dapat ditambahkan beberapa sayuran sebagai pelengkap.

3. Rawon

Rawon. shutterstock.com

Rawon mungkin sudah tidak asing bagi yang menyukai olahan makanan Jawa Timur. Ciri khas makanan satu ini adalah kuahnya yang berwarna hitam karena menggunakan kluwek sebagai salah satu bumbunya. Meski begitu, cita rasa rawon sangat lezat karena menggunakan beberapa rempah lain.

Selain itu, rawon juga akan disajikan bersama potongan daging sapi yang empuk beserta tauge sebagai pelengkapnya. 

4. Bakso

Bakso. shutterstock.com

Makanan berkuah untuk buka puasa selanjutnya adalah bakso. Makanan yang terbuat dari bahan dasar gilingan daging ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selain harganya murah, bakso juga memiliki cita rasa yang lezat serta mudah ditemukan di mana-mana. Bahkan, saat ini sudah banyak bakso dengan berbagai macam isian, seperti bakso mercon, bakso telur, bakso beranak, bakso isi keju mozarella, dan lain sebagainya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."