7 Manfaat Teh Safron untuk Tubuh, Lawan Radikal Bebas dan Atasi Gejala PMS

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Jaber Bani Taha, seorang warga Palestina menunjukan safron yang telah dipanen di rumahnya di Tepi Barat. Jaber Bani Taha pelaku budi daya safron pertama di Tepi Barat yang kini telah berkembang pesat. Xinhua

Jaber Bani Taha, seorang warga Palestina menunjukan safron yang telah dipanen di rumahnya di Tepi Barat. Jaber Bani Taha pelaku budi daya safron pertama di Tepi Barat yang kini telah berkembang pesat. Xinhua

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika kamu adalah pecinta kuliner, kamu mungkin menyadari betapa mewahnya safron sebagai rempah yang langka dan termahal di dunia. Nyatanya, rempah merah tua ini kaya manfaat untuk tubuh. Maka dari itu, sejumlah orang memilih mengonsumsi teh safron. Apa saja manfaatnya?

Menurut Gaby Vaca-Flores, ahli gizi, salah satu manfaat utama safron untuk kesehatan adalah dapat mendukung suasana hati. Manfaat lainnya telusuri di bawah ini, ya, Sahabat Cantika.

Sejarah Safron

Kita ketahui dulu dari segi sejarahnya, safron ditemukan lebih dari 3.000 tahun yang lalu dan sering digunakan untuk membumbui atau menambah warna pada hidangan dengan rasa yang halus dan pigmentasi yang intens. Safron telah digunakan selama berabad-abad sebagai pewarna alami, parfum, bahan masakan, dan obat-obatan.

Kandungan Teh Safron

Secara kandungan, teh safron mengandung senyawa nabati, vitamin C, zat besi, tembaga, kalium, magnesium, dan vitamin B yang memiliki pengaruh terhadap kesehatan.

“Beberapa orang menemukan bahwa manfaat teh dirasakan lebih cepat, terutama pada kemampuannya untuk meningkatkan mood,” kata Megan Hilbert, ahli gizi.

Manfaat Teh Safron

Berikut tujuh manfaat safron untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui.

1. Melawan Radikal Bebas

Safron mengandung crocin, safranal, crocetin, kaempferol, dan karotenoid yang berkaitan dengan senyawa bioaktif.

“Senyawa ini adalah antioksidan bermanfaat yang dapat membantu mencegah penyakit karena kemampuannya melawan radikal bebas, sehingga dapat membantu mencegah penyakit kronis dan akut,” kata Hilbert.

2. Meningkatkan Kesehatan Mental

Banyak penelitian menemukan bahwa safron menawarkan manfaat antidepresan dan anti-kecemasan yang manjur.

“Beberapa penelitian bahkan menunjukkan safron sama efektifnya dengan Prozac dalam mengobati depresi ringan,” kata Hilbert.

3. Memiliki Manfaat Neuroprotektif

Selain berdampak positif pada gangguan mood, safron juga terbukti melindungi terhadap gangguan neurodegeneratif. Sebuah ulasan 2016 menemukan bahwa safron efektif dalam memperlambat gangguan kognitif pada pasien Alzheimer.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Berkat manfaat anti-inflamasinya, safron juga bisa meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah penelitian bahkan menemukan safron terkait dengan penurunan kadar kolesterol. Pada tinjauan tahun 2021, ditemukan safron dapat meredakan tekanan darah tinggi yang berkepanjangan. 

Bagi penderita penyakit jantung, safron bisa menjadi tambahan yang bagus karena juga dikaitkan dengan penurunan berat badan pada penderita penyakit jantung, sehingga dapat membantu pengelolaan penyakit secara keseluruhan.

5. Melawan Kanker

Mungkin tidak mengherankan jika Saffron dapat melawan kanker karena safron mengandung vitamin C dan beragam senyawa tanaman yang kuat. Selain itu, safron terbukti menawarkan sifat anti-tumor dan pencegahan kanker. Hal ini sebagian disebabkan oleh kemampuan crocetin dan crocin untuk mencari dan membunuh sel kanker sekaligus menghambat proliferasi sel kanker. 

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Bumbu berwarna cerah ini juga dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mata, sebagian berkat karotenoid yang dikandungnya. Selain itu, penelitian menemukan safron dapat memperbaiki gejala degenerasi makula sekaligus membantu mencegah kehilangan penglihatan.

7. Bantu Atasi PMS

“Penelitian telah menunjukkan safron membantu dalam mengelola gejala sindrom pramenstruasi (PMS) bahkan gangguan disforik pramenstruasi (PMDD),” jelas Hilbert.

Mengonsumsi 15 miligram Saffron dua kali sehari telah terbukti memberikan manfaat tersebut.

Cara Membuat Teh Safron

Ada berbagai cara untuk mengolah safron sebagai minuman teh. Seperti merendam rempah mahal tersebut dalam air mendidih selama beberapa menit atau menggiling safron sebelum diseduh.

Pastikan tidak menyeduh lebih dari delapan menit karena safron akan menghasilkan rasa yang kuat dan pahit. Sebaiknya masukkan safron dalam kantong teh, kemudian menariknya keluar setelah diseduh agak beberapa menit.

Penyajian teh safron dapat ditambahkan dengan bahan-bahan seperti daun teh, herba, rempah-rempah, pemanis atau susu, dan lainnya.

Pilihan Editor: Obat Herbal Pereda Batuk Buatan Sendiri, Apa Resepnya?

ANNISA YASMIN | WELL + GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."