Waspada! Ternyata Tanda Kolesterol Tinggi Bisa Muncul di Kulit Wajah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wajah perempuan. Foto : bodyvie

Ilustrasi wajah perempuan. Foto : bodyvie

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaKolesterol tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit kardiovaskular dan kematian dini. Pada sebagian besar orang, kolesterol tinggi tidak menunjukkan gejala berarti. Namun, terdapat tanda-tanda minor pada wajah yang dapat mengindikasikan kolesterol tinggi.

Dilansir dari Times of India, berikut adalah tanda-tanda kolesterol tinggi yang terdapat pada kulit wajah.

1. Xanthelasma

Xanthelasma adalah gumpalan daging berwarna oranye kekuningan di kulit kelopak mata atas atau bawah atau di sudut mata. Gumpalan ini bertekstur lembut dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Ukuran gumpalan xanthoma bervariasi, mulai dari ukuran yang kecil hingga besar. Gumpalan yang muncul di area dahi dan pipi disebut xanthoma erupsi.

2. Arcus kornea

“Kornea mata manusia itu transparan. Adanya garis putih tipis di sekitar kornea yang disebut arcus kornea dapat menunjukkan kondisi hiperkolesterolemia.” kata kardiolog Gajinder Kumar Goyal.

Gejala arcus kornea biasanya dimulai dengan munculnya lengkungan kecil di tepi kornea mata. Seiring waktu, lengkungan ini terhubung sehingga melingkari seluruh tepian kornea. Arcus kornea tidak mengakibatkan penurunan fungsi mata.

3. Lichen planus

Ini adalah kondisi ketika ada ruam gatal di kulit wajah atau di dalam mulut berbentuk titik-titik kecil akibat adanya masalah pada sistem kekebalan tubuh. Ruam ini berwarna ungu atau merah dan juga dapat berkaitan dengan kadar kolesterol tinggi.

4. Psoriasis

Psoriasis merupakan kondisi munculnya bercak tebal dan bersisik pada kulit. Pada kulit yang lebih terang, muncul bercak merah muda atau merah. Adapun pada kulit yang lebih gelap, muncul bercak ungu. Psoriasis ditengarai oleh kekebalan tubuh yang menyebabkan flaring dan remisi pada bercak kulit. Kondisi ini juga memiliki keterkaitan dengan kolesterol tinggi.

Pilihan Editor: 3 Gaya Hidup Ini Bisa Bantu Menurunkan Kolesterol Tinggi

MOHAMMAD HATTA MUARABAGJA | NURHADI 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."