Jakarta Fashion Week 2024 Dibuka Hari Ini, Merayakan Kreativitas dan Gaya Lintas Generasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Jakarta Fashion Week 2024, telah resmi dibuka hari ini, menggabungkantren, kecantikan, inovasi, dan kolaborasi dalam perayaan fashion yang spektakuler/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Jakarta Fashion Week 2024, telah resmi dibuka hari ini, menggabungkantren, kecantikan, inovasi, dan kolaborasi dalam perayaan fashion yang spektakuler/Foto: Cantika/Ecka Pramita

IKLAN

Selama tujuh hari ke depan, JFW 2024 akan menghadirkan serangkaian program dan penghargaan yang penuh inovasi dan kreativitas sebagai bentuk kurasi berlapis oleh JFW. Lebih dari 100 perancang mode nasional dan internasional akan menampilkan karya-karya terbaiknya di runway Ada nama-nama seperti Oscar Lawalata Culture, Ivan Gunawan, Didiet Maulana, Danjyo Hiyoji, Ernesto Abram, BINhouse, MORAL, Sean Sheila, Stellarissa, Sejauh Mata Memandang, Starry, Tanah Le Sae, hingga Buttonscarves, IKYK, dan Ria Miranda.

Dewi Fashion Knights yang selalu dinantikan pencinta mode akan kembali hadir dalam dua sesi, #DFK2023 “The Visionary” mempersembahkan Jan Sober, Rama Dauhan, Byo untuk kategori ready-to-wear dan #DFK2023 “The Artistry” mempersembahkan Hian Tjen, Mahija sebagai perancang mode adibusana. Sedangkan bagi perancang-perancang muda atau jenama-jenama lokal yang tergolong baru berdiri, JFW menganugerahkan Fashion Force Award 2023.

JFW 2024 juga akan menjadi tempat kelahiran perancang muda berbakat baru yang berkompetisi pada Lomba Perancang Mode 2023. Dari sekitar lebih 300 karya yang masuk, telah terpilih 10 finalis yang sukses menerjemahkan tema “Authenticity”. Hasil karya para finalis akan diperagakan pada runway JFW 2024. Para pemenang akan memperoleh beasiswa kursus di Istituto Marangoni juga uang tunai dengan total hadiah senilai puluhan juta rupiah. Selain itu, akan dipilih pemenang APR Awards yang akan mendapat pasokan kain berkualitas tinggi dari Asia Pacific Rayon.

Tidak hanya menampilkan peragaan busana di runway, ada pameran dan pop-up-store yang dapat dikunjungi publik. Fashionlink yang berada di atrium PIM III lantai 3 menyediakan produk-produk mode dan kecantikan dari JFW. Sedangkan, koleksi mode dan kecantikan premium dari para desainer dan jenama JFW terkemuka ada di Dewi’s Luxe Market.

Eksistensi JFW sebagai pekan mode berpengaruh di Indonesia juga terwujud berkat kerja sama yang erat dengan institusi-institusi nasional dan internasional selama bertahun-tahun. Dukungan untuk JFW 2024 diberikan juga oleh Pemerintah DKI Jakarta, Pemerintah Kota Medan, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui Dekranasda NTT.

Pemerintah Korea Selatan melalui Korea Creative Agency (KOCCA) Indonesia dan Kedutaan Besar Australia di Jakarta beserta Negara Bagian Victoria turut memberikan dukungan kepada JFW dengan menampilkan perancang-perancang mode pilihan mereka. Sebut saja Vegan Tiger dan LIE by Lee Chung Chung dari Korea Selatan yang mewakili Korea Creative Agency (KOCCA) Indonesia.  Sementara desainer Wa-ring, dan Yanggurdi akan mewakili Kedutaan Besar Australia di Jakarta beserta Negara Bagian Victoria

Menurut Andandika Surasetja, Creative Director Jakarta Fashion Week, tema Jakarta Fashion Week 2024 mencerminkan semangat inklusi dan kolaborasi dalam menghadapi perubahan zaman. “JFW menjadi tempat di mana para perancang, label, media, dan penggemar mode dapat berinteraksi dan merayakan kreativitas bersama, dengan tujuan memajukan industri mode Indonesia dengan rasa bangga,” ujarnya.

Agar JFW dapat lebih luas dinikmati oleh pemerhati fashion, JFW 2024 tak hanya bisa disaksikan secara langsung di City Hall, PIM III namun juga melalui JFW.TV, YouTube, Vidio, DensTV, dan Fashion TV. Tidak lupa, berbagai info terbaru dan paling update pada kanal-kanal media sosial resmi JFW, seperti Instagram, Facebook, X, dan TikTok. Hal ini berkaca dari kesuksesan JFW yang diadakan secara luring maupun daring pada tahun 2022 lalu.

Sinergi Mode dan Kecantikan di JFW 2024

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."