12 Pilihan Teh Herbal untuk Meredakan Batuk

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi teh hijau. Pixabay.com/Free-Photos

Ilustrasi teh hijau. Pixabay.com/Free-Photos

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beragam pilihan solusi alami untuk meredakan batuk, salah satunya menyeruput teh herbal yang menenangkan. Mengapa demikian Alasannya selain menghidrasi, uap dari teh dapat membantu membuka saluran hidung dan bronkus, dan cairan hangatnya dapat meredakan sakit tenggorokan dan batuk.

Di dunia teh yang luas, ada banyak pilihan selain teh hitam klasik, masala chai, atau bahkan teh hijau. Untuk manfaat terapeutik tambahan, teh herbal sering kali dapat meredakan batuk paling efektif. Berikut ini pilihan teh herbal untuk meredakan batuk yang kaya antioksidan dan sifat anti-inflamasi.

1. Teh Akar Licorice

Akar licorice adalah ramuan yang sangat umum dan telah sering digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama berabad-abad. Lebih dari 300 flavonoid dan senyawa tanaman dikandung akar licorice.  Senyawa bioaktif ini menghasilkan manfaat antimikroba dan antivirus yang kuat, yang dapat membantu mengobati akar penyebab batuk Anda. 

Selain itu, akar licorice memiliki efek antispasmodik, yang sangat membantu dalam mengobati batuk karena membantu mengendurkan otot-otot sistem pernapasan yang kejang saat batuk, menurut Rachelle Robinett, ahli herbal terdaftar (AHG), juga Pendiri Pharmacon Supernatural dan HRBLS.

"Licorice mengandung Lendir yang tinggi, zat licin dan berlendir yang membantu menghidrasi dan menenangkan jaringan yang meradang atau dehidrasi. Lendir dari tumbuhan itu dapat membantu meredakan batuk kering," ucapnya dikutip dari Real Simple, 17 Oktober 2023.

2. Teh Hijau

Seperti akar licorice, teh hijau juga kaya akan senyawa tumbuhan bioaktif dengan kekuatan anti-inflamasi dan manfaat antibakteri. Hal itulah yang membuat teh hijau termasuk teh herbal untuk meredakan batuk.

Beberapa penelitian juga menemukan teh hijau bermanfaat untuk mengatasi gejala batuk secara khusus. Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa meskipun berkumur dengan teh hijau tidak mengatasi gejala suara serak, hal itu mengurangi frekuensi gejala batuk pada pasien pasca operasi jantung.

3. Teh Chamomile

Teh chamomile sering dikaitkan dengan peningkatan kualitas tidur dan relaksasi, tapi ternyata juga bisa meredakan batuk. Hal ini disebabkan oleh sifat senyawa chamomile yang melawan infeksi dan peradangan, serta membantu tubuh  melawan penyakit apa pun yang menyebabkan batuk Anda.

Ilustrasi teh chamomile. Foto: Freepik.com

4. Teh Peppermint

Sebagai salah satu anggota keluarga mint yang paling populer, peppermint adalah teh pilihan lainnya untuk meredakan batuk. Penelitian telah mengaitkan teh peppermint dengan infeksi sinus dan perbaikan gejala pilek—penyakit umum yang sering kali menyebabkan batuk

5. Teh Marshmallow

Namanya mungkin mengingatkan kita pada s'mores, tetapi marshmallow ini tidak ada hubungannya dengan camilan manis. Marshmallow adalah akar dan pilihan herbal lain yang sangat baik untuk gejala batuk, karena sifat lendirnya. 

“Untuk batuk kering dan teriritasi, saya merekomendasikan herbal yang melembapkan seperti (akar) marshmallow,” kata Rosalee de la Forêt , ahli herbal, pembawa acara podcast, dan penulis buku terlaris Alchemy of Herbs and Wild Remedies.

Penelitian telah menunjukkan akar marshmallow menawarkan manfaat terapeutik untuk batuk, terutama sebagai obat penenang untuk jaringan yang meradang.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."