Gaya Parenting Ganjar Pranowo dan Siti Atikoh, Meluangkan Quality Time untuk Keluarga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Siti Atikoh/Foto: Instagram/Siti Atikoh

Siti Atikoh/Foto: Instagram/Siti Atikoh

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Muhammad Zidane Alam Pranowo atau akrab disapa Alam, akhir-akhir ini menjadi sorotan warganet karena kemunculannya dalam agenda sang ayah, Ganjar Pranowo. Tidak hanya kedua orang tuanya yang kerap mengunggah kebersamaan keluarga di Instagram, Alam juga sering membagikan momen tersebut melalui akunnya, @alamganjar.

Keharmonisan keluarga terlihat jelas dari momen yang dibagikan oleh Alam bersama Ganjar dan sang ibu, Siti Atikoh. Salah satu kunci kebahagiaan keluarga terletak pada cara orang tua merawat anaknya, semakin bagus parenting-nya, maka keluarga semakin hangat dan dekat.

Disebut warganet sebagai keluarga yang harmonis dan kedekatan dengan sang anak, Siti Atikoh menyebut tentang caranya dan Ganjar membesarkan putra tunggalnya. Salah satu cara yang dilakukan Atikoh dan Ganjar adalah meluangkan waktu untuk quality time bersama Alam.

"Quality time tergantung waktu, mbak. Kalau waktunya terbatas, paling kita pergi makan, entah di luar atau di rumah. Kalau nggak, bisa nonton film atau konser. Kita makan di meja tuh benar-benar berkomunikasi, menikmati makanan sambil cerita," jelas Atikoh di podcast Ngobrol Asix.

Atikoh juga selalu beri pengertian kepada Alam mengenai kesibukan sang ayah yang aktif di dunia politik sejak Alam masih duduk di sekolah dasar. "Ketika Mas Ganjar jadi gubernur, yang pertama kali saya lakukan adalah minta maaf ke anak, karena dia masih SD tapi udah jadi sorotan dalam tanda kutip, apa-apa dibilang karena anak gubernur."

Meskipun begitu, Atikoh bangga dengan Alam yang mentalnya sudah terasah karena lika-liku kehidupannya, sehingga Alam sudah pantas mengambil peran.

Sejak kecil, Atikoh selalu menyuapi Alam dengan berbagai jenis minat dan pengetahuan. Dimulai dari mengajaknya olahraga, mengikutkan les piano, dan memaksimalkan Alam di bidang akademis. "Saya tanya apakah ingin di politik, dia jawab untuk saat ini dia pengen explore diri seperti wirausaha."

Alam dibebaskan orang tuanya untuk berkarir di bidang apa saja yang diinginkan Alam. Tetapi ketika sang anak ingin berdiskusi, Atikoh selalu menyempatkan waktu untuk bertukar pikiran. "Tetapi dalam saat-saat tertentu, saya mengatur, harus ada waktu berdua antara anak dengan ayahnya," Atikoh menambahkan, pertemuan Ganjar dan Alam sangat penting dilakukan agar Ganjar memahami karakter dan cara berkomunikasi Alam, meskipun ia sibuk bekerja sebagai tokoh politik.

Pilihan Editor: Ungkap Kisah Cintanya dengan Ganjar Pranowo, Siti Atikoh: Saya Diberi Ruang jadi Diri Sendiri

ANNISA YASMIN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."