Catat, Hindari Mencampur Air Mawar dengan 10 Bahan Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Air mawar atau rose water untuk wajah. Shutterstock

Air mawar atau rose water untuk wajah. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Air mawar telah lama dikenal sebagai salah satu primadona dalam produk perawatan kulit atau skincare. Sebab air mawar bermanfaat menghidrasi, anti-inflamasi, dan antioksidan untuk kulit sehat dan bercahaya. Meskipun demikian, Anda perlu berhati-hati dalam penggunaan air mawar dengan beberapa bahan tertentu karena dapat mengganggu keseimbangan kulit dan menyebabkan iritasi.

Berikut adalah beberapa bahan yang sebaiknya tidak dicampur dengan air mawar.

1. Toner Berbasis Alkohol

Jika kamu mencampurkan air mawar dengan toner yang mengandung alkohol dapat menyebabkan kulit menjadi keras dan mengering. Hal ini dapat mengakibatkan iritasi dan kekeringan berlebihan.

2. Asam Kuat

Mengombinasikan air mawar dengan asam kuat seperti asam glikolat atau asam salisilat dapat mengganggu pH alami kulit, berpotensi menyebabkan iritasi dan peningkatan sensitivitas kulit.

3. Hidrogen Peroksida

Mencampur air mawar dengan hidrogen peroksida menghasilkan reaksi kimia yang mengiritasi kulit.

4. Minyak Atsiri dalam Konsentrasi Tinggi

Meskipun minyak esensial ini bermanfaat bagi kulit, gunakan dengan hati-hati dan pastikan untuk mengencerkannya sebelum dicampur dengan air mawar.

5. Agen Pemutih

Menggabungkan air mawar dengan bahan pemutih kulit kuat atau bahan kimia pencerah kulit dapat menyebabkan masalah seperti warna kulit tidak merata, bahkan kerusakan kulit.

6. Astringen Kuat

Kombinasi air mawar dengan zat yang kuat, terutama yang mengandung bahan kimia keras, dapat mengeringkan kulit berlebihan dan merusak lapisan pelindung kulit.

7. Produk Wewangian Sintetis

Wewangian sintetis mungkin mengandung bahan kimia yang tidak cocok dengan air mawar dan dapat menyebabkan iritasi kulit atau reaksi alergi.

8. Eksfoliant

Mengombinasikan air mawar dengan bahan pengelupas kulit alias eksfoliant yang kasar dapat merusak kulit dengan robekan mikro dan peningkatan sensitivitas.

9. Bahan Pengelupasan Kimiawi yang Kuat

Gunakan air mawar dengan hati-hati setelah pengelupasan kimiawi yang kuat, karena kulit mungkin terlalu sensitif dan dapat mengalami rasa tidak nyaman atau iritasi.

10. Zat yang Tidak Dikenal

Selalu berhati-hati saat mencampur air mawar dengan produk yang memiliki bahan yang tidak dikenal atau kompatibilitas yang tidak pasti.

Mengikuti tips di atas akan membantu Anda mengoptimalkan manfaat air mawar untuk kulit Anda tanpa risiko efek samping yang tidak diinginkan. Ingatlah, kulit setiap individu berbeda, jadi jika Anda merasa ragu, konsultasikan dengan seorang ahli kulit atau profesional perawatan kulit untuk saran lebih lanjut.

Pilihan Editor: Bolehkah Benzoil Peroksida dan Retinol Dipakai Bersamaan? Ini Penjelasan Pakar

IVANA FELYSITASWATI PALLA | TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."