Bolehkah Benzoil Peroksida dan Retinol Dipakai Bersamaan? Ini Penjelasan Pakar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai serum kulit. Freepik.com

Ilustrasi wanita memakai serum kulit. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita tahu bahwa benzoil peroksida dan retinol masing-masing memiliki manfaat luar biasa untuk kulit Anda, seperti menghilangkan jerawat dan mengurangi beberapa tanda umum penuaan, seperti garis-garis halus dan kerutan. Namun, apakah boleh kedua bahan produk perawatan kulit atau skincare ini boleh dipakai bersamaan? Yuk, kita simak pandangan para pakar yang dimulai dengan mengenal manfaat benzoil peroksida dan retinol.

Apa itu Benzoil Peroksida?

Benzoil peroksida adalah obat topikal yang dijual bebas dengan sifat antibakteri, sering digunakan untuk mengobati jerawat ringan hingga sedang. Produk ini terutama bekerja dengan membunuh bakteri penyebab jerawat yang ditemukan di kulit dan di dalam folikel rambut Anda.

“Benzoil peroksida bekerja dengan melepaskan molekul oksigen yang membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan,” kata Ahli Kecantikan Ian Michael Crumm, dikutip dari Byrdie, Senin, 18 September 2023. Kandungan ini juga membantu menghilangkan kelebihan minyak dari permukaan kulit.

Benzoil peroksida tersedia tanpa resep, tetapi Anda juga bisa mendapatkan versi yang lebih kuat dengan resep dari dokter Anda. Itu sangat tergantung pada apa yang Anda cari.

Apa itu Retinol?

Retinol adalah bentuk vitamin A yang digunakan dalam produk perawatan kulit yang dijual bebas dan dengan resep dokter. Ini digunakan untuk berbagai tujuan perawatan kulit, seperti mengurangi pigmentasi, merangsang produksi kolagen, dan mengobati garis-garis halus, kerutan, dan jerawat.

“Ini adalah anggota dari kelas bahan yang disebut retinoid, yang tersedia dalam berbagai potensi mulai dari retinol ester hingga retinoid dengan kekuatan resep,” kata dokter kulit bersertifikat Geeta Yadav.

Berkat kemampuannya merangsang produksi kolagen, meningkatkan pergantian sel, dan mengatur produksi minyak, retinol mengatasi berbagai masalah perawatan kulit mulai dari garis-garis halus dan kerutan hingga jerawat.

Bolehkah Benzoil Peroksida dan Retinol Dipakai Bersamaan?

Secara teknis, benzoil peroksida dan retinol dapat digunakan bersamaan, beberapa produk perawatan kulit bahkan mengandung keduanya. Akan tetapi, itu tidak berarti Anda aman sepenuhnya. Menggunakan keduanya secara bersamaan dapat memperburuk kondisi kulit Anda karena keduanya berpotensi menyebabkan gejala tidak menyenangkan seperti kekeringan, iritasi, dan sensitivitas kulit.

“Menggunakannya secara bersamaan tanpa perawatan yang tepat dapat menyebabkan kemerahan, mengelupas, dan tidak nyaman,” kata Crumm.

Jika Anda ingin memasukkan benzoil peroksida dan retinol ke dalam rutinitas perawatan kulit, Anda perlu memahami kapan Anda menggunakan setiap produk. Para ahli merekomendasikan penggunaan masing-masing pada waktu yang berbeda, benzoil peroksida di pagi hari dan retinol di malam hari.

Jika Anda adalah seseorang dengan kulit yang sangat sensitif, Anda sebaiknya melangkah dengan hati-hati dan menyadari bahwa pendekatan ini mungkin masih terlalu keras. “Penting untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggabungkan bahan-bahan ini ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda,” kata Crumm.

Benzoil peroksida dan retinol masing-masing menawarkan manfaat perawatan kulit yang tak terbantahkan dan merupakan komponen kunci dari rangkaian perawatan kulit harian banyak orang. Namun Anda sebaiknya berhati-hati jika berencana memasukkan keduanya ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda.

“Saat memasukkan produk baru ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda, terutama produk yang ampuh seperti benzoil peroksida dan retinol, sangat penting untuk memulainya secara perlahan, amati bagaimana reaksi kulit Anda, dan konsultasikan dengan dokter kulit jika Anda tidak yakin tentang penggunaannya atau mengalami efek buruknya,” tandas Crumm.

Pilihan Editor: Hindari 8 Kesalahan Ini saat Pakai Retinol

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."