12 Manfaat Tidur Tanpa Busana bagi Kesehatan, Kurangi Stres dan Menurunkan Berat Badan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi perempuan tidur. Foto: Freepik.com

Ilustrasi perempuan tidur. Foto: Freepik.com

IKLAN

7. Awet muda

Bukan hanya karena Anda mengenakan setelan ulang tahun Anda! Sekali lagi, dengan membuat Anda tetap sejuk, tidur telanjang membantu mengatur kadar hormon pertumbuhan manusia (hGH). Hal ini penting karena hGH yang terjadi secara alami (dibandingkan dengan versi sintetis yang kontroversial dan berisiko) penting untuk pertumbuhan, regenerasi sel, dan reproduksi sel.

8. Mengurangi risiko infeksi vagina 

Vagina dan anatomi wanita di sekitarnya berada di iklim yang mirip dengan hutan hujan tropis. Menjaganya tetap tertutup adalah tempat berkembang biak yang sempurna bagi masuknya bakteri dan jamur.

9. Meningkatkan kesuburan pria 

Sebuah penelitian terhadap 656 pria yang mencari pengobatan infertilitas antara tahun 200-2017 menemukan bahwa mereka yang paling sering mengenakan celana boxer dibandingkan dengan celana dalam berpotongan pendek "memiliki konsentrasi sperma dan jumlah total yang lebih tinggi, serta tingkat FSH yang lebih rendah, dibandingkan dengan pria yang tidak," bagiannya, kata Dr. Laura Bennett-Cook.

Mengenakan pakaian dalam yang ketat diperkirakan akan meningkatkan suhu skrotum, sehingga berdampak negatif pada kesuburan pria. Jadi tidur tanpa busana, tanpa celana dalam sama sekali adalah cara yang bagus untuk menjaga testis pria tetap dingin dan jumlah spermanya tetap tinggi.

10. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan diabetes 

Sebuah tim peneliti dari Departemen Kedokteran Keluarga, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Biomedis, Universitas Negeri New York, Buffalo, menemukan bahwa tidur lebih sedikit meningkatkan risiko gangguan glukosa puasa. Artinya, kurang tidur dapat meningkatkan risiko diabetes, yang menurut Healthline, "pada gilirannya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung."

11. Lebih nyaman 

Semakin banyak waktu yang Anda habiskan telanjang, Anda akan merasa lebih nyaman dengan kulit Anda secara keseluruhan. Lebih sering berjalan-jalan dalam keadaan telanjang, dan hal ini mungkin membuat bertelanjang menjadi sangat nyaman sehingga Anda tidak akan merasa malu saat bersama pasangan lagi.

12. Membuat lebih bahagia 

Bagi mereka yang tidak tidur sendirian, menikmati kontak kulit dengan pasangan secara konsisten akan meningkatkan pelepasan oksitosin. "Oksitosin adalah hormon perasaan senang yang meningkatkan suasana hati kita dan membuat kita lebih bahagia secara keseluruhan," jelas Bennett-Cook.

Jadi, apakah tidur telanjang atau tanpa busana baik untuk Anda? Studi berpendapat demikian, mengingat semua manfaatnya bagi kesehatan Anda.

Pilihan Editor: Simak Aturan 30-30-30 untuk Menurunkan Berat Badan

IVANA FELYSITASWATI PALLA | YOURTANGO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."