Kisahkan Pengalaman Syb, Zaskia Adya Mecca Ingatkan Bahaya Penggunaan Earphone Pada Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Zaskia Adya Mecca bersama anak sulungnya, Kana Sybilla Bramantyo. Foto: Instagram/@zaskiadyamecca

Zaskia Adya Mecca bersama anak sulungnya, Kana Sybilla Bramantyo. Foto: Instagram/@zaskiadyamecca

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Artis sekaligus presenter Indonesia, Zaskia Adya Mecca mengingatkan masyarakat soal penggunaan earphone yang bisa membahayakan anak. Ia sampaikan peringatan itu sambil menceritakan pengalaman putri pertamanya, Kana Sybilla Bramantyo. Melalui Instagramnya, @zaskiadyamecca pada 10 Oktober 2023, Zaskia menampilkan foto Sybilla alias Syb, yang sedang diperiksa dokter Telinga Hidung Tenggorokan (THT). 

Menurut Zaskia, Syb mengalami keluhan sakit di telinganya selama 10 hari terakhir. Saat dicek mandiri, istri Hanung Bramantyo itu tidak menemukan benjolan atau luka di telinga putrinya itu. Akhirnya Syb dibawa ke dokter THT dan ternyata ada luka dan iritasi di dasar telinganya. “Dilihat dasar telinganya iritasi dan luka, penyebabnya bener aja kekhawatiranku selama ini, dari earphone!!” cerita Zaskia pada postingannya tersebut.

Zaskia tuliskan rasa bersalahnya karena membiarkan Syb memakai earphone di usianya yang masih 13 tahun. Menurutnya memang lebih baik pakai speaker saja daripada earphone, karena anak di bawah umur masih belum bijak menggunakannya.

Artis kelahiran 1987 itu juga mendapatkan cerita dari dokter THT mengenai pasien sebelum Syb. Pasien tersebut berusia 14 tahun mengalami keluhan pendengaran akibat mendengarkan musik dengan volume keras sampai ia tertidur. Hal itu berdampak pada turunnya daya dengar seperti orang berusia 60 tahunan dan menurut dokter, pendengarannya tidak bisa ditolong karena sudah mengenai saraf.

“Jadi buibu, yyukk mulai bijak untuk mengizinkan anak kita punya earphone, airpods, earbuds. Kayaknya sebelum 18 tahun, gak dulu deh,” Zaskia pun peringatkan orang tua di luar sana tentang pemakaian earphone pada anak.

Kini Sybilla sedang mendapat perawatan khusus dari dokter. Syb harus menggunakan obat tetes telinga selama dua minggu penuh dan dilarang menggunakan earphone selama masa pengobatan.

Pilihan Editor: Gaya Busana Berubah Lebih Syar'i, Ini Penjelasan Zaskia Adya Mecca

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

ANNISA YASMIN | INSTAGRAM

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."