Cerita Tasya Kamila saat Anak Susah Makan, Turunkan Ekspektasi Menjadi Ibu Sempurna

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Tasya Kamila/Foto: Instagram/Tasya Kamila

Tasya Kamila/Foto: Instagram/Tasya Kamila

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu momen seru seorang ibu ialah saat anak mulai belajar makan atau yang dikenal tahapan makanan pendamping ASI (MPASI). Hal itulah yang dirasakan mom celebrity, Tasya Kamila yang sedang seru-serunya menyiapkan MPASI untuk putri keduanya yang kini berusia 9 bulan. 

Ibu dua anak ini punya tips khusus saat anak-anaknya mengalami gerakan tutup mulut atau sedang menjadi picky eater. Menurutnya yang paling utama ialah mengubah mindset dulu agar menjadi ibu yang apa adanya, bukan mencapai kesempurnaan sesuai apa yang menjadi ekspektasi. 

"Ekspektasi sempurna dibuang jauh-jauh dari pikiran kita, agar anak bisa nyaman dan menyenangkan, jangan menuntut anak agar harus makan sesuai dengan ekspektasi mamanya," ucap Tasya dalam talkshow PUREATS di Jakarta, Kamis, 12 Oktober 2023. 

Tips anak susah makan selanjutnya ialah momen makan yang menyenangkan, makan bersama orang tua, dan suasana dibuat nyaman lebih dulu. "Karena biar bagaimana pun anak-anak kan mengikuti orang tua sebagai role model, kalau biasa liat orang tua makan di depan mereka, anak-anak juga akan mengikuti," lanjut Tasya. 

Selain itu, lanjut Tasya, coba lakukan evaluasi mengapa anak susah makan, mulai dari waktu makan dan menu yang diberikan setiap harinya. Ia mengaku bukan tipe ibu yang  mengambil pusing misalkan anak tidak mau makan kalau misal hanya di jam tertentu. 

"Coba tekstur yang berbeda dulu, dicari dulu alasannya, misal ternyata anak lagi tumbuh gigi. Nanti kalau udah mulai panik dan sudah evaluasi enggak mau makan juga di jam tertentu selama tiga hari berturut-turut baru konsultasi ke dokter. Selama pertumbuhan dan perkembangan sesuai maka enggak usah diambil pusing," lanjut dia. 

Tasya Kamila yang juga menjadi Brand Ambassador camilan sehat PUREATS mengatakan setelah menjadi seorang ibu, ia selalu memperhatikan dan memilih produk makanan yang kandungannya aman, sehat, dan halal. Ketiga kualitas tersebut menjadi hal utama yang aku perhatikan terkait makanan yang aku pilih untuk anak-anaknya. 

Pilihan Editor: LDR-an dengan Suami, Tasya Kamila Cerita Shanin Sempat Tak Mengenal Randi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."