4 Cara Mudah Tersenyum yang Dapat Meredakan Stres, Menurut Studi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita tersenyum. Foto: Freepik.com/Benzoix

Ilustrasi wanita tersenyum. Foto: Freepik.com/Benzoix

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penerbangan pesawat delay, kemacetan lalu lintas tiada henti, tersesat di jalan saat sudah terlambat mengikuti kegiatan, dan situasi yang tidak mengenakkan lainnya selalu datang ke kehidupan kita dan membuat pikiran semakin stres, kemudian memicu konflik dengan orang lain.

Menurut studi tahun 2013 dari University of the Rockies, tersenyum adalah cara yang paling sederhana untuk menghindari konflik dan memutarbalikkan situasi yang panas. Tersenyum tidak hanya membuat wajah semakin cantik, tetapi juga meningkatkan suasan hati, membangkitkan suasana positif baik untuk diri sendiri dan orang lain.

Dari studi yang sama, tersenyum memiliki hubungan yang positif dengan jantung, tekanan darah, dan indikator tingkat stres lainnya. "Penelitian sedang berlangsung mengenai ilmu pengetahuan di balik fenomena tersenyum, dan kita mulai memahami lebih banyak tentang peran senyuman dalam pikiran dan tubuh kita, serta dalam pikiran dan tubuh orang lain," kata Dr. David Solly, seorang profesor di Universitas Rockies.

Meski memiliki manfaat demikian, nyatanya tersenyum di situasi yang menyebalkan seperti kemacetan tidak semudah ucapan. Lantas bagaimana caranya tersenyum di saat seperti itu? Berikut empat cara yang dapat dilakukan agar mudah tersenyum.

1. Gunakan Alat Bantu

Jika kesulitan tersenyum, gunakan alat bantu yang dapat mengubah suasana hati., bahkan jika itu adalah gambar yang konyol. Solly merekomendasikan untuk membawa alat atau benda tersebut dan menyimpannya di tempat yang terjangkau. Sehingga jika situasi stres tersebut muncul, kamu dapat melihat alat yang kamu bawa untuk mudah tersenyum.

2. Salurkan Kreativitas 

Tentu saja yang dimaksud transportasi di sini adalah mentalmu. Kamu dapat menyalurkan kreativitasmu untuk meluapkan hal-hal yang membuatmu bahagia, seperti tempat kesukaan, hobi, kenangan, atau makanan kesukaan. Atau alihkan pikiranmu ke rencana menyenangkan yang akan kamu lakukan, seperti jalan-jalan. Penelitian menunjukkan bahwa memiliki sesuatu yang dinanti-nantikan dapat mengurangi stres.

3. Mindfulness

Mindfulness adalah latihan spiritual yang telah terbukti meredakan kecemasan. Gunakan kesempatan ini, di mana pun kamu berada. Amati lingkungan sekitar saat itu, seperti pemandangan, suara, bau , dan hal lainnya benar-benar ada saat itu. Bahkan kamu bisa jadi melihat sesuatu yang belum pernah disadari sebelumnya (misalnya, suara aneh apa yang dihasilkan mobil kita?).

4. Pertahankan Perspektif yang Sehat

Mainkan sedikit permainan pikiran dengan diri sendiri. "Jika kmau sedang berada di tengah kemacetan, bayangkan dirimu berkendara melintasi negara dengan kereta kuda, di saat cuaca panas dan AC belum pernah terdengar dan kecepatan tertinggi adalah 15 mil per jam," kata Solly. Ingatkan diri Anda, bahwa situasi yang kamu alami sekarang lebih baik daripada situasi yang lebih buruk lainnya.

Pilihan Editor: 8 Kebiasaan Baik di Pagi Hari, Jangan Lupa Tersenyum

ANNISA YASMIN | YOURTANGO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."