3 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kartu kredit. Pixabay

Ilustrasi kartu kredit. Pixabay

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam pembahasan finance and career kali ini, kita membahas soal kartu kredit, lebih tepatnya cara bijak menggunakan kartu kredit.

Seperti kita ketahui, kartu kredit adalah salah satu alat pembayaran non-tunai untuk mempermudah transaksi menjadi lebih cepat dan mudah. Jika kita dapat dengan bijak menggunakan kartu kredit sesuai kebutuhan, alat pembayaran ini bisa sangat membantu. Ditambah lagi ada banyak sekali promo atau rewards yang ditawarkan bila memakai kartu kredit, dikutip dari Sikapiuangmu.OJK.go.id.

Apa Itu Kartu Kredit?

Dirujuk laman yang sama, kartu kredit ialah kartu yang dikeluarkan oleh pihak bank atau lembaga keuangan sejenis. Kartu ini memberikan fasilitas kepada pemegangnya untuk melakukan transaksi pembayaran tanpa menggunakan uang tunai.

Sementara itu, biaya yang dikeluarkan setiap transaksi memakai kartu kredit akan dicatat olah pihak bank sebagai utang (kredit). Di mana kredit tersebut harus dilunasi pada bulan berikutnya.

Fungsi Kartu Kredit

Adapun fungsi kartu kredit itu sendiri adalah sebagai alat pembayaran. Kartu kredit dapat digunakan sebagai alat pembayaran ketika kita berbelanja di mal, atau untuk membayar biaya rumah sakit. Kartu kredit juga bisa dipakai untuk menarik tunai di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Kartu kredit berfungsi untuk membayar tagihan dari rekening rumah tangga, seperti PDAM, tagihan telkom, listrik, dan lainnya. Selain itu kartu kredit juga mempunyai fungsi sebagai persiapan atau cadangan keuangan.

Apabila ada keperluan mendadak dan harus segara dipenuhi, kartu kredit dapat dimanfaatkan. Misalnya saat Anda bepergian atau berbelanja tapi uang tipis, maka Anda bisa memakai kartu kredit untuk menutupi kekurangan tersebut.

Cara Menggunakan Kartu Kredit secara Bijak

Ada beberapa faktor yang harus dipahami pemilik kartu kredit yang dapat 'menjebak' ketika bertransaksi. Berikut cara  menggunakan kartu kredit secara bijak, dilansir Sikapiuangmu.OJK.go.id.

1. Bertransaksi sesuai limit

Biasanya, batas atau limit kartu kredit berfungsi untuk membatasi jumlah transaksi dalam sebulan saat menggunakan kartu kredit. Ketetapan limit ini, idealnya adalah lima kali gaji pemegang kartu kredit.

Misalnya, gaji Anda dalam sebulan ialah sebesar Rp 5 juta. Artinya jika dikalikan lima, maka limit kartu kredit Anda adalah sebanyak Rp 25 juta.

Batasan tersebut ditetapkan dengan asumsi pengeluaran per bulan Anda sebesar 40 persen dan tidak ada utang lain. Maka berarti Anda masih bisa mengatasi masalah tagihan kartu kredit.

2. Batasi kepemilikan kartu kredit

Jumlah kartu kredit yang banyak dapat merugikan. Idealnya, seseorang hanya memiliki satu atau maksimal dua kartu kredit, apabila memang diperlukan. Namun regulator sendiri membatasi jumlah kepemilikan kartu kredit. 

3. Lakukan pembayaran sebelum jatuh tempo

Waktu pembayaran atau jauh tempo sering dikaitkan dengan istilah bunga berbunga. Bunga berbunga ini akan diterapkan oleh pihak bank kepada nasabah pemegang kartu kredit, jika tidak membayar tagihan setiap tanggal yang ditentukan.

Tetapi pengenaan bunga hanya untuk pembayaran tagihan minimum kartu kredit tiap bulan. Jadi untuk menghindari adanya bunga berbunga, maka nasabah harus membayar tagihan sebelum jatuh tempo. Usahakan juga untuk membayar penuh ke tagihan toko tersebut supaya tidak muncul bunga yang dibungakan lagi.

Pilihan Editor: Generasi Milenial Cerdas Pakai Kartu Kredit, Tiru Caranya

PUSPITA AMANDA SARI 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."