Kata Najwa Shihab Soal Memilih Air Minum: Jadikan Prioritas Utama

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Najwa Shihab ditemui di Jakarta Selatan, Selasa, 26 September 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Najwa Shihab ditemui di Jakarta Selatan, Selasa, 26 September 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Figur publik, Najwa Shihab dikenal vokal menyuarakan pandangan dia terkait kepentingan masyarakat. Baru-baru ini, dia mengungkapkan pentingnya konsumen selektif memilih air minum demi kesehatan tubuh. Menurut Najwa, pemilihan air minum belum menjadi prioritas masyarakat.

"Mengingat kebutuhan akan air sangat mendasar, kerap kali kita justru memandangnya sepele," ujar Najwa dalam acara media gathering "Tidak Semua Air Sama" di Jakarta Selatan, Selasa, 26 September 2023.

"Padahal sesungguhnya sesuatu yang kita konsumsi berkali-kali setiap hari dan kebutuhan dasar kita seharusnya kita jadikan prioritas utama," lanjut perempuan 46 tahun itu.

Menurut Najwa, sebagai konsumen, kita perlu selektif dan membekali diri dengan informasi ilmiah dan terpercaya tentang kualitas air.

"Udara kita masih sulit pilih-pilih yang kita hirup. Kalau air masih bisa (dipilih) asalkan ada kepedulian, keinginan untuk mencari tahu, dan saya percaya itulah kekuatan informasi," tegasnya.

Sebagai konsumen, lanjut Najwa, kita berhak untuk mendapatkan pengetahuan akan kualitas dan keselamatan air minum yang dikonsumsi, terutama terkait aspek kesehatan. Dengan mengantongi informasi kredibel dan valid, konsumen tidak salah memilih air minum yang dikonsumsi.

"Kita kerap kali terdistraksi (teralihkan) oleh informasi yang simpang siur, kebanyakan 'virus dusta' istilah saya," katanya. 

"Air dengan khasiat tertentu, hoaks air galon bisa mandul, absurd banget. Hal-hal itu yang harus kita antisipasi karena itu hak kita sebagai konsumen," tambahnya.

Maka dari itu, dalam memilih produk air minum, Najwa memilih berdasarkan panduan ilmiah seperti tidak berbau, tidak berasa, tidak berwarna, serta bebas kuman patogen dan bahan berbahaya. Dia juga mencari tahu informasi sumber air minum dengan memastikan bukan dari tanah dangkal yang rawan tercemar. Dia juga memperhatikan cara pengolahannya dan langkah-langkah keberlanjutan (sustainability) yang telah dilakukan.

"Itu indikator atau panduan yang bisa digunakan konsumen," jelasnya. Sebagai penutup, Najwa Shihab menekankan sebagai konsumen kita perlu kritis dan memperbanyak informasi terkait produk apa pun, termasuk air minum.

Pilihan Editor: Intip Konten TikTok Favorit Najwa Shihab, Olahraga dan Fashion

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."