Jelang Hari Batik Nasional, Modifikasi Gaya dan Harga untuk Kaum Muda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi baju batik. Shutterstock

Ilustrasi baju batik. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam rangka Hari Batik Nasional yang jatuh tanggal 2 Oktober 2023, Yayasan Batik Indonesia berkomitmen untuk mengedukasi masyarakat tentang keberagaman budaya batik Indonesia.

Berbicara tentang Generasi Z selalu mengarah pada inovasi dan perubahan yang berani. Yayasan Indonesia telah mengembangkan program batik, salah satu warisan budaya paling berharga di Indonesia, untuk membawa batik ke dunia yang lebih modern dan sesuai dengan selera Gen Z. 

Dalam konferensi pers yang digelar pada Senin, 25 September 2023, Wakil Presiden Yayasan Batik Indonesia, Diana Santosa menjelaskan rencananya untuk memperkenalkan batik yang lebih cocok untuk Generasi Z. "Kami ingin memastikan batik tetap relevan bagi Gen Z dengan menjadikannya lebih menyenangkan, nyaman, dan terjangkau," ujarnya. 

Konferensi pers Hari Batik Nasional yang digelar Yayasan Batik Indonesia, Senin, 25 September 2023/Foto: Cantika/Ivana Felysitawati Palla

Salah satu program yang direncanakan mereka  adalah kolaborasi dengan desainer batik ternama. Tujuannya untuk melatih para pembatik muda agar bisa menciptakan batik yang sesuai dengan selera generasi Z. Tak hanya pengembangan pola dan warna saja, tetapi juga pemilihan bahan dasar yang nyaman dan mudah digunakan. "Kita harus bisa membangun batik untuk mereka dengan harga yang terjangkau, karena anak muda tidak  tertarik jika harganya terlalu mahal," tambah  Diana. 

 Selain fokus pada produk batik itu sendiri, yayasan ini juga menekankan pentingnya pendidikan batik. Mereka rencananya akan menggelar pameran di Museum Batik Indonesia yang akan memamerkan berbagai produk batik dari seluruh Indonesia. Tak hanya mempromosikan produk, namun mengajarkan Gen Z tentang sejarah dan budaya batik. "Ketika generasi muda semakin mengenal batik, mereka akan semakin terhubung dengan budaya Indonesia dan semakin bangga memakai batik," lanjutnya.

Dalam pertemuan yang sama, Shanty Leksono, Ketua Pengurus Yayasan Batik Indonesia, menekankan pentingnya melatih generasi muda perajin batik untuk melestarikan tradisi ini. "Kita membutuhkan generasi muda pembatik untuk menjaga kelestarian batik  di Indonesia," ujarnya. 

Program ini diharapkan dapat membawa batik Indonesia ke era yang lebih modern dan menjamin Generasi Z tetap  bangga dengan warisan budaya yang sangat berharga tersebut. Berkat inovasi dan pendekatan yang tepat, batik Indonesia  tetap menjadi bagian penting dari identitas budaya bangsa.

Pilihan Editor: Jelang Hari Batik Nasional, Catat 4 Rangkaian Acara Menarik yang Bertema Batik Bangkit Ini

IVANA FELYSITASWATI PALLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."