Jelang Hari Batik Nasional, Catat 4 Rangkaian Acara Menarik yang Bertema Batik Bangkit Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kain batik. Shutterstock

Ilustrasi kain batik. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaHari Batik Nasional pada 2 Oktober 2023 menjadi momen spesial bagi para pecinta dan penggemar batik di seluruh Indonesia. Yayasan Batik Indonesia bekerja sama dengan Museum Batik Indonesia menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan warisan budaya batik Indonesia yang diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2009. 

Memorial Day tahun ini, Yayasan Batik Indonesia  mengusung tema "Batik Bangkit" untuk membangkitkan kembali industri batik yang  terpuruk akibat pandemi. Tema ini mencerminkan tekad untuk mengembalikan kejayaan batik di segala bidang mulai dari produksi, perdagangan, pengembangan hingga inovasi. 

Diana Santosa, Wakil Presiden Yayasan Batik Indonesia, mengatakan: "Tema yang menonjol kali ini adalah 'Batik Bangkit'. Melalui tema ini, diharapkan perayaan Hari Batik dapat menghidupkan kembali  industri batik pasca keterpurukan. dana tersebut di masa pandemi, agar industri batik dapat bangkit kembali dalam segala aspek, baik produksi, perdagangan, pengembangan, dan inovasi. 

Konferensi pers Hari Batik Nasional yang digelar Yayasan Batik Indonesia, Senin, 25 September 2023/Foto: Cantika/Ivana Felysitawati Palla

"Tahun ini, Yayasan Batik Indonesia juga akan fokus mengedukasi masyarakat tentang keanekaragaman batik  di seluruh Indonesia, dari Sabang hingga Merauken. Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, misi tahun ini adalah menghidupkan kembali industri batik pasca pandemi," ucap General Manager Hari Batik Nasional, Shanty Leksono. 

Beberapa kegiatan yang  diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional antara lain: 
 

1. Memecahkan rekor Muri bersama seluruh sentra batik di Indonesia

Para perajin batik  seluruh  Indonesia  hadir untuk mencetak sejarah dengan memecahkan rekor Muri bersama-sama dalam proses pembuatan batik. 

2. Pengumuman Lomba Karya Tulis Batik

Festival ini juga akan menyelenggarakan lomba ilmiah karya tulis Batik yang terbuka untuk pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Hasil pemenang akan diumumkan pada 2 Oktober 2023. 

3. Pelatihan membatik bagi pelajar

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelajar tentang membatik. Mereka  diajak mengunjungi Museum Batik Indonesia, dan berkat kerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, mereka berkesempatan membatik bersama produsen batik dari berbagai daerah di Indonesia. 

4. Batik Fashion Show

Acara ini  menampilkan berbagai motif kain batik yang mewakili kekayaan budaya  berbagai daerah di Indonesia. Fashion show ini merupakan ajang mengapresiasi keindahan dan keunikan batik Indonesia. 

Perayaan Hari Batik Nasional Tahun 2023 diharapkan dapat mempertebal rasa cinta dan hormat masyarakat terhadap budaya batik Indonesia yang sangat berharga dengan menghadirkan beragam rangkaian acara dan semangat kebangkitan industri batik.

Pilihan Editor: Hari Batik Nasional, Intip Potret Pembeli di Pusat Batik Nusantara Thamrin City

IVANA FELYSITASWATI PALLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."