14 Cara Mendapatkan Teman di Tempat Baru

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan dan teman-temannya. Foto: Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Ilustrasi perempuan dan teman-temannya. Foto: Unsplash.com/Priscilla Du Preez

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pindah ke tempat baru bisa menjadi petualangan yang mengasyikkan, namun juga disertai dengan tantangan membangun lingkaran sosial dari awal. Baik Anda pindah karena alasan kerja, sekolah, atau pribadi, mendapatkan teman di tempat baru sangat penting untuk menciptakan rasa memiliki dan menikmati kehidupan yang memuaskan. Jika Anda tengah mencari cara mendapatkan teman di tempat baru, berikut beberapa tips menavigasi perjalanan dan mengembangkan keterampilan sosial yang penting, mengubah orang asing menjadi teman, dan mengubah lingkungan baru Anda menjadi tempat yang penuh dengan persahabatan dan berbagi pengalaman. .

Salah satu cara efektif untuk memperluas kehidupan sosial Anda adalah dengan memanfaatkan jaringan yang ada. Jika Anda memiliki teman yang sama di kota tersebut, pertimbangkan untuk berhubungan kembali dengan mereka dan mencari peluang sosial dalam lingkaran mereka.

Selain itu, berpartisipasi dalam acara komunitas, seperti kelas olahraga atau pertemuan sosial, bisa menjadi cara yang bagus untuk bertemu orang-orang keren yang memiliki minat yang sama. Berikut sederet cara mendapatkan teman di tempat baru.

1. Terlibat dalam Acara Amal

Jika Anda memiliki hasrat untuk kerja sosial, akan mudah untuk terhubung dengan orang-orang yang berpikiran sama dan memiliki antusiasme yang sama. Dedikasikan beberapa jam untuk menjadi sukarelawan, yang bermanfaat bagi organisasi pilihan Anda dan diri Anda sendiri. Jelajahi tujuan-tujuan penting seperti hak asasi manusia dan advokasi, anak-anak dan remaja, kesejahteraan hewan, seni dan budaya, pendidikan dan literasi, dukungan krisis, dan bantuan bencana.

2. Berpartisipasi dalam Tim Olahraga

Terlepas dari kehebatan atletik Anda, ada kompetisi olahraga untuk semua orang, mulai dari bulu tangkis hingga lari maraton. Kompetisi ini menawarkan peluang luar biasa untuk bertemu teman baru di kota baru.

3. Bergabung dengan Pusat Kebugaran

Bergabung dengan pusat kebugaran (gym) tidak hanya membantu Anda tetap bugar, tetapi juga memberikan jalur sosial. Tingkatkan pengalaman gym Anda dengan mengikuti kelas olahraga, yang berpotensi mengarah pada pertemanan di luar gym.

Pertimbangkan pusat kebugaran khusus untuk mendapat kesempatan terhubung dengan penggemar kebugaran yang berpikiran sama.

4. Mendaftar di Kelas Menari

Anda tidak memerlukan pengalaman menari sebelumnya untuk mengikuti kelas dan menikmati irama musik sambil mencari teman baru. Pilih gaya menari yang Anda sukai, dan jangan ragu untuk melatih gerakan Anda di lingkungan sosial seperti klub atau bar. Carilah pelajaran menari yang hemat anggaran untuk memulai perjalanan menari Anda.

5. Terlibat dengan Kamar Dagang atau Kelompok Jaringan (Networking)

Jika Anda pemilik bisnis, bergabung dengan Kamar Dagang setempat bisa sangat efektif untuk memperluas lingkaran sosial Anda dan menghasilkan referensi. Hubungan yang dibentuk melalui jaringan profesional dapat berkembang menjadi pertemanan jangka panjang.

Semangat bersama di antara pemilik bisnis dan profesional yang berdedikasi sangatlah menular. Bahkan jika Anda tidak memiliki bisnis, acara networking tetap menjadi metode terbaik untuk terhubung dengan orang lain yang memiliki semangat profesional yang sama dengan Anda.

6. Berpartisipasi dalam Kelompok Keagamaan atau Klub Budaya

Membangun pertemanan melalui kecintaan yang sama terhadap agama atau budaya bisa sangat bermanfaat dan merupakan cara terbaik untuk bertemu orang baru. Keterlibatan aktif dalam gereja lokal, sinagoga, atau masjid memastikan hubungan dengan orang-orang yang berpikiran sama dan memberikan dukungan.

7. Menjadi Anggota Klub Buku

Menjadi anggota klub buku di kota baru Anda tidak hanya menawarkan kesempatan untuk mendapatkan teman baru, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan terhadap kesejahteraan mental dan emosional Anda. Klub-klub ini memberikan perpaduan unik antara interaksi sosial dan stimulasi intelektual.

Terlibat dalam diskusi buku bulanan dengan orang-orang yang berpikiran sama memungkinkan terciptanya hubungan yang bermakna dan memperkaya percakapan. Selain itu, membaca dan berpartisipasi dalam diskusi dapat menjadi terapi, menumbuhkan kesejahteraan emosional dan rasa memiliki terhadap komunitas baru Anda. 

Di halaman selanjutnya, tujuh cara lain mendapatkan teman di tempat baru.

Baca juga: 5 Ciri Teman yang Harus Dipertahankan dan Dijaga

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."