7 Tips Makeup Flawless ala Artis Korea

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai makeup. Foto: Freepik.com/Lifestyle Memory

Ilustrasi wanita memakai makeup. Foto: Freepik.com/Lifestyle Memory

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Gaya makeup flawless salah satu tampilan favorit para perempuan. Artis Korea salah satu pesohor yang mempopulerkan tampilan riasan atau makeup tanpa cela, dan tidak menor alias natural itu. Jika kamu baru mau mencoba, berikut beberapa tips makeup flawless ala artis Korea dari Y.O.U Trainer MUA (makeup artist), Nidya Inten Daniswara. 

1. Pentingnya Skin Preparation

Langkah pertama dan wajib dilakukan sebelum memakai riasan dengan gaya apa pun, termasuk flawless adalah memakai produk perawatan kulit atau skincare. Tahapan ini disebut skin preparation oleh para penata rias.

Pemakaian pelembap dan tabir surya tak bisa ditawar untuk menyiapkan kulit sebagai kanvas makeup dan melindungi saat beraktivitas di luar ruangan.

Saat mengaplikasikan setiap produk skincare, pastikan diberi jeda agar produk yang dipakai sebelumnya meresap dengan baik.

"Boleh dikipas-kipas (dengan kipas kertas atau kipas mini portabel) atau misalnya sambil dipijat wajahnya agar produk lebih cepat meresap. Kalau masih terasa lembap, jangan ditimpa dengan produk berikutnya dulu," ucap Inten sapaan akrab pelatih penata rias dari Y.O.U Beauty itu di Jakarta Selatan, Kamis, 14 September 2023.

Inten juga mengingatkan selalu mengaplikasikan produk di wajah dengan arah ke atas.

Oiya, pastikan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memulai menggunakan produk apa pun

2. Pakai Corrector

Jika wajah kamu sedang berjerawat, ada bekas jerawat, noda hitam atau flek hitam, Inten menyarankan memakai corrector untuk menutupinya. Corrector biasanya diaplikasikan sebelum alas bedak atau foundation.

"Ibaratnya, kita mau netralin dulu warna kulit. Supaya saat kita pakai skin tint, sudah lebih meng-cover," ujarnya.

Di produk corrector biasanya ada beberapa warna, seperti cerah, gelap, peach, dan hijau, yang memiliki fungsi masing-masing.

"Untuk warna cerah digunakan sebagai concealer untuk meng-highlight atau mencerahkan area tengah wajah biasanya. Kemudian untuk warna lebih gelap, bisa digunakan sebagai contour di pipi supaya lebih tirus," ucapnya.

Untuk corrector warna peach atau oranye berfungsi untuk menutupi noda gelap seperti di area bawah mata, bekas jerawat, dan flek hitam. Untuk corrector warna hijau untuk menutupi kemerahan.

Saat mengaplikasikan corrector dengan jari, gerakannya tap-tap di area yang ingin ditutupi.

"Kalau digeser-geser, produknya akan ketarik, apalagi kalau pakai spons. Spons kan ada porinya, pasti nanti jadi lebih menyerap di spons ketimbang diaplikasikan di wajah," tuturnya.

3. Pilih Foundation sesuai Undertone

Saat mengaplikasikan alas bedak atau foundation, penting untuk mengetahui undertone kulit kamu agar tampilan natural. Salah satu cara mengetahuinya dari melihat warna urat nadi di pergelangan dalam tangan kamu.

Jika urat nadi dominan berwarna biru atau ungu, undertone kulit cool dan lebih cocok foundation rona pink.

Bila urat nadi kebanyakan atau semua berwarna hijau, berarti undertone kulit warm. "Biasanya undertone kulit warm itu, warna foundation-nya lebih ke kuning langsat," imbuh Inten.

Bila urat nadi tampak berwarna hijau, biru, dan ungu, berarti undertone netral.

Setelah mendapatkan foundation yang sesuai warna undertone kulit, kamu bisa menuang foundation terlebih dulu di punggung tangan, satu atau dua pump sesuai kebutuhan.

Cara pengaplikasian foundation pun beragam, ada yang menggunakan kuas, spons atau spatula.

"Untuk pakai spons, biasanya hasil (foundation) lebih sheer dibandingkan pakai kuas. Kalau mau full coverage, lebih baik pakai kuas. Kalau mau hasil (foundation) lebih natural, nempel di wajah, untuk tampilan hari-hari, itu bisa pakai spons," tuturnya.

"Untuk pemakaian spatula, hasilnya lebih merata," lanjutnya.

4. Pakai Bedak dengan Kuas

Langkah berikutnya untuk tampilan makeup flawless ala artis Korea adalah mengaplikasikan bedak senatural mungkin dengan kuas. Untuk kuas bedak, ciri-cirinya paling besar dan mekar, menurut Inten.

"Ketika mengaplikasikan bedak, pastikan tidak ada garis atau nge-crack di wajah," imbaunya.

Biasanya garis tersebut di area pinggir hidung, bagian bawah mata, atau garis senyum. Jika garis itu ditemukan, ratakan dengan jari dengan gerakan tap-tap.

Cara mengaplikasikan bedak juga dengan gerakan tap-tap. Jika dengan gerakan digeser, kemungkinan bisa menimbulkan garis mengingat foundation teksturnya cair.

"Kalau misalnya langsung kita geser, bisa muncul garis mengikuti kuasnya," jelasnya.

5. Aplikasikan Perona Pipi dari Bagian Luar Wajah

Untuk tampilan perona pipi atau blush on natural, aplikasikan dari bagian luar wajah (di bawah ujung mata) mengarah ke bagian depan. Tips itu berlaku untuk blush on jenis bubuk, krim atau cair.

"Kita ambil produk (untuk kali pertama), pasti lagi banyak-banyaknya. Bayangin kalau kita nempelinnya dari depan, pasti warna blush on yang nyata itu paling depan. Tips itu untuk mengurangi tampilan menor, kita mulai dari belakang, area bagian luar wajah," katanya.

6. Pakai Highlighter

Fungsi highlighter untuk menonjolkan area-area tertentu di wajah. Contoh, saat mengaplikasikan highlighter di tengah hidung bisa membuat hidung tampak lebih mancung.

7. Pilih Lip Tint Glossy

Langkah terakhir untuk tampilan makeup flawless ala artis Korea adalah mewarnai bibir. Hasil glossy itu untuk menampilkan tampilan bibir lebih natural. "Hasil akhirnya seperti bibir kita yang asli, tapi lebih sehat kelihatannya," jelas Inten.

Pilihan Editor: Tips Makeup Flawless ala Luna Maya, Eyeshadow Shimmer dan Lipstik Glossy Natural

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."