Cara Mengaplikasikan Foundation dengan Spatula, Menurut MUA

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(paling kiri) Y.O.U Trainer MUA, Nidya Inten Daniswara menunjukkan spatula yang dipakai untuk mengaplikasikan alas bedak atau foundation di Jakarta Selatan, Kamis, 14 September 2023. Foto: Dok. YOU Beauty

(paling kiri) Y.O.U Trainer MUA, Nidya Inten Daniswara menunjukkan spatula yang dipakai untuk mengaplikasikan alas bedak atau foundation di Jakarta Selatan, Kamis, 14 September 2023. Foto: Dok. YOU Beauty

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ragam cara mengaplikasikan riasan atau makeup terus bermunculan dari waktu ke waktu. Sejak akhir tahun lalu, teknik mengaplikasikan alas bedak atau foundation dengan spatula semakin diminati, bahkan video tutorialnya viral di media sosial belakangan ini. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba cara mengaplikasikan foundation dengan spatula, berikut sejumlah tips dari Y.O.U Trainer MUA (makeup artist), Nidya Inten Daniswara. 

Menurut Inten sapaan akrabnya mengaplikasikan foundation dengan spatula sangat membantu bagi para pemula dan membuat tampilan makeup jadi lebih flawless juga tetap natural.

"Manfaatnya (pakai spatula) foundation lebih rata. Kalau, pakai jari atau spons (saat mengaplikasikan foundation), bisa jadi tidak merata. Ketika ada bagian yang tebal, ketika kita geser jadi lebih tipis, sedangkan kalau pakai spatula bisa membantu lebih rata," kata Inten di Jakarta Selatan, Kamis, 14 September 2023

Oiya satu hal yang perlu diingat, pemakaian spatula ini untuk jenis produk makeup cair (liquid) seperti foundation, skin tint, BB Cream, hingga CC Cream.

(paling kiri) Y.O.U Trainer MUA, Nidya Inten Daniswara menunjukkan spatula yang dipakai untuk mengaplikasikan alas bedak atau foundation di Jakarta Selatan, Kamis, 14 September 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

1. Pilih Spatula yang Tepat

Langkah pertama yang perlu diperhatikan saat mengaplikasikan foundation dengan spatula adalah memilih spatula yang tepat. Hindari penggunaan spatula yang ditujukan untuk mencampur atau mix.

"(Pilih spatula) yang bentuknya panjang dan agak lebih luas platnya supaya bisa mengaplikasikan produk lebih merata. Kalau pakai spatula yang mix akan lumayan makan waktu ketika pengaplikasiannya," jelasnya.

Jadi, ketika kamu membeli di toko online atau offline, pastikan memilih spatula yang memang khusus untuk pengaplikasikan foundation. Menurut Inten, ada beberapa merek yang sudah meluncurkan spatula khusus foundation.

Menurut Inten, dari segi waktu, pengaplikasian foundation dengan spatula lebih cepat ketimbang dengan jari. "Karena ukurannya lebih besar dan panjang," imbuhnya.

2. Pastikan Foundation Merata di Spatula

Terlebih dahulu tuang foundation di punggung tangan, bisa satu atau dua pump tergantung kebutuhan wajah kamu. Setelah itu, ambil foundation dengan spatula. "Pastikan foundation merata di satu plat, kemudian kita bisa langsung aplikasikan ke wajah," tutur Inten.

(paling kiri) Y.O.U Trainer MUA, Nidya Inten Daniswara menunjukkan cara mengaplikasikan alas bedak atau foundation dengan spatula di Jakarta Selatan, Kamis, 14 September 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

3. Gerakan dari Dalam ke Luar

Arah gerakan spatula pastikan dari dalam ke luar untuk meratakan foundation di wajah. Untuk membiasakan arah gerakan, dia mengibaratkan seperti saat memakai spatula untuk meratakan hiasan kue. "Supaya produk makeup tidak menumpuk di satu sisi saja," jelasnya.

Jika dirasa kurang, kamu bisa menambahkan sisa foundation yang ada di punggung tangan.

Selain itu, Inten mengingatkan untuk mengaplikasikan produk apa pun di wajah ke arah atas untuk menjaga kekencangan kulit.

"Selanjutnya, bisa ditap-tap pakai brush (kuas) atau pakai beauty blender agar hasilnya lebih flawless," kata Inten.

4. Jangan Ditekan

Saat menggerakkan spatula, jangan ditekan, ya, Sahabat Cantika. Aplikasikan dengan lembut agar hasilnya lebih natural. Oiya, spatula foundation tidak tajam sama sekali, jadi aman digunakan di wajah.

(paling kiri) Y.O.U Trainer MUA, Nidya Inten Daniswara menunjukkan cara mengaplikasikan alas bedak atau foundation dengan spatula di Jakarta Selatan, Kamis, 14 September 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

5. Jangan Lupa Dibersihkan dan Disimpan di dalam Wadah

Usai memakai spatula, Inten mengimbau untuk segera dibersihkan dengan tisu basah. Lalu disimpan di dalam kotaknya atau dilapisi tisu kering jika produk plat kamu tidak disertai wadah penyimpanan.

"Supaya tidak kena debu. Karena ada kemungkinan nempel debu-debu halus, jadi sebaiknya dilapisi tisu lagi," ungkapnya.

Pilihan Editor: 5 Cara Memilih Foundation yang Tepat dan Cara Mengaplikasikannya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."