London Fashion Week 2024 Diikuti Lebih dari 132 Merek dan Gelar 108 Fashion Show

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Winnie Harlow berpose saat menghadiri Vogue World dalam rangka London Fashion Week di Inggris, 14 September 2023. REUTERS/Hollie Adams

Winnie Harlow berpose saat menghadiri Vogue World dalam rangka London Fashion Week di Inggris, 14 September 2023. REUTERS/Hollie Adams

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setelah pekan mode Paris dan New York, kini mata pelaku dan penikmat mode dunia beralih ke pekan mode London alias London Fashion Week. Ya, mulai hari ini, Jumat, 15 September 2023 hingga Selasa, 19 September 2023, London Fashion Week 2024 akan menjadi panggung karya desainer dan merek asal Inggris maupun mancanegara.

Dikutip dari Lifestyle Asia, London Fashion Week tahun ini diikuti lebih dari 132 merek, 108 peragaan busana (fashion show), dan 37 presentasi digital. Selain nama-nama besar seperti Burberry, ada pula karya desainer muda yang kreatif dan membawa napas baru di dunia mode atau fashion.

“Ini akan menjadi lima hari yang sangat menyenangkan dan penuh kreativitas,” kata Caroline Rush, kepala eksekutif penyelenggara British Fashion Council (BFC), dikutip dari Hindustan Times, Jumat, 15 September 2023. Dan, alkitab mode Vogue menggelar karpet merah pada Kamis malam, 14 September 2023, untuk acara peluncuran gala. 

Kilasan Agenda London Fashion Week 2024

Kota London yang semarak menjadi tuan rumah bagi banyak desainer termasuk merek-merek populer seperti Burberry, JW Anderson, Erdem, Roksanda, dan Simone Rocha. Tak cuma itu, London Fashion Week 2024 juga menjadi tempat lahirnya bakat-bakat baru yang muncul dan menarik.

Diselenggarakan selama lima hari, London Fashion Week SS 2024 akan menjadi platform peluncuran beberapa koleksi baru. Acara ini akan dimulai dengan merek asal Inggris Stefan Cooke, diikuti oleh Edward Crutchley, dan Natasha Zinko. Khususnya, desainer pakaian pria asal India, Harri juga akan menampilkan peragaan busana perdananya di pekan mode bergengsi tersebut.

Hari kedua London Fashion Week dimulai dengan JW Anderson, dipimpin oleh Jonathan Anderson, sedangkan grand finale menampilkan Burberry di bawah arahan kreatif Daniel Lee. Selain itu, Matty Bovan kembali lagi, memperluas dunia daur ulangnya dengan transformasi artistik yang ekspresif.

Merek Norwegia Holzweiler berangkat dari Pekan Mode Kopenhagen untuk debut di ibu kota Inggris dengan pertunjukan runway pertamanya di Inggris.

Kebangkitan Dunia Mode Inggris dengan Dukungan Pemerintah

Namun dalam dunia mode, London mengalami kemerosotan setelah pandemi Covid-19, dengan inflasi – yang tertinggi di G7 sebesar 6,8 persen pada bulan Juli – dan kombinasi Brexit menciptakan latar belakang ekonomi yang tertekan.

Kondisi itu membuat ibu kota Inggris itu tertinggal dari Paris, Milan, dan New York dalam perebutan gelar pekan mode. Untuk mendukung kebangkitan industri mode Inggris setelah pandemi Covid-19, Pemerintah Inggris mengumumkan £2 juta ($2,5 juta) untuk mendukung desainer muda, yang akan didonasikan ke program NewGen BFC yang sudah ada, pada Rabu, 13 September 2023.

Skema ini, yang selama 30 tahun terakhir telah mendukung perancang busana muda terbaik, bertujuan untuk meluncurkan merek global kelas atas masa depan. Pendanaan Pemerintah Inggris akan digunakan untuk pementasan lima pekan mode selama dua tahun, kata BFC. Penerima sebelumnya termasuk desainer legendaris Inggris Alexander McQueen, yang meninggal pada tahun 2010.

Pada Sabtu, 16 September 2023, Design Museum di London mengadakan eksibisi yang merayakan talenta muda NewGen, dan energi yang mereka bawa ke industri mode. Pameran bertajuk "REBEL: 30 Years of London Fashion"  akan menampilkan sekitar 100 desain, beberapa di antaranya telah tercatat dalam sejarah budaya pop. Tahun ini, sekitar 20 desainer mendapat manfaat dari program NewGen. Sebagian besar adalah lulusan baru, namun telah berhasil mendandani beberapa bintang terbesar.

Contohnya pakaian karya desainer Ukraina Masha Popova yang pernah dikenakan oleh penyanyi Dua Lipa. Adapula nama-nama desainer yang sudah eksis seperti 16Arlington, JW Anderson, Molly Goddard, Richard Quinn, Roksanda dan Simone Rocha. Burberry, rumah mode London yang didirikan pada tahun 1856, juga menjadi pertunjukan yang paling ditunggu-tunggu.

BFC juga berusaha menjadikan London Fashion Week sebagai tempat pertunjukan catwalk yang semakin inklusif. Pemerintah telah meluncurkan survei yang ditujukan kepada semua pekerja di sektor ini, dengan pertanyaan mengenai gender, orientasi seksual, agama, dan latar belakang sosial. “Audit ini sudah lama tertunda dan menandai langkah pertama menuju pengukuran penting kemajuan kolektif industri mode Inggris menuju tujuan representasi yang adil,” kata BFC. Hasilnya akan diumumkan akhir tahun 2023. 

Pilihan Editor: Lena Dunham Wujudkan Impian Masa Kecil di London Fashion Week

HINDUSTAN TIMES | LIFESTYLE ASIA | WWD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."