5 Tanda Sahabat yang Suka Memanfaatkan Kamu, Maunya Cuma Didengarkan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi perempuan dengan sahabatnya di tempat kerja. Foto: Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi perempuan dengan sahabatnya di tempat kerja. Foto: Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaPersahabatan dibangun atas dasar kepercayaan, saling mendukung, dan kepedulian yang tulus satu sama lain. Namun, terkadang, orang yang selama ini kita anggap sebagai sahabat terbaik kita, ternyata adalah pembohong, orang yang memanfaatkan kita untuk kepentingannya sendiri.  Rasa sakit itu sangat menyiksa dan membuat kita meragukan setiap orang, lebih dari pasangan yang selingkuh dalam kasus tertentu. 

Untuk membantu Anda mendeteksi orang tersebut sebelumnya, berikut beberapa tanda yang dapat kamu waspadai dari sahabat yang hanya memanfaatkan kebaikanmu: 

1. Percakapan sepihak dan pelampiasan terus-menerus

Ketika kita berada dalam persahabatan yang sehat, terjadi pertukaran pikiran dan perasaan yang seimbang dan seimbang. Jika sahabat Anda mendominasi percakapan dengan masalah, keluhan, dan dramanya sendiri tanpa menunjukkan ketertarikan pada kehidupan atau kekhawatiran Anda, itu mungkin merupakan tanda bahwa dia memanfaatkan Anda sebagai tempat pembuangan emosi. 

Mereka mungkin hanya tertarik dengan kehadiran Anda ketika mereka membutuhkan seseorang untuk curhat atau mencari dukungan alias maunya hanya didengarkan. 

2. Menghubungi Hanya saat Butuh 

Perhatikan kapan sahabat Anda menghubungi Anda. Jika mereka hanya menghubungi Anda ketika mereka membutuhkan sesuatu, seperti bantuan atau seseorang untuk diajak bergaul ketika rencana mereka yang lain gagal, ini adalah indikator yang jelas bahwa mereka mungkin memanfaatkan Anda untuk ketersediaan dan sumber daya Anda.

3. Kurangnya rasa timbal balik

Dalam persahabatan yang sehat, terdapat dinamika memberi dan menerima. Jika sahabat Anda jarang membalas kebaikan Anda, baik itu dengan mendengarkan, membantu mengerjakan tugas, atau menawarkan dukungan emosional, itu bisa menjadi tanda bahwa dia memanfaatkan kemurahan hati Anda tanpa memberikan imbalan apa pun. Teman sejati harus ada untuk satu sama lain di saat baik dan buruk.

4. Dukungan bersyarat

Seorang teman sejati akan selalu mendukung Anda melalui kesuksesan dan kegagalan Anda. Namun, jika sahabat Anda hanya tampak tertarik dengan kehidupan Anda saat Anda sedang kesulitan atau sedang mengalami masa sulit, dia mungkin memanfaatkan Anda untuk merasa lebih baik tentang dirinya. Mereka bisa mendapatkan kepuasan dengan menjadi orang yang "lebih baik" dalam hubungan tersebut.

5. Manipulasi dan menghilangkan rasa bersalah

Waspadalah terhadap teman yang manipulatif atau membuat Anda merasa bersalah karena melakukan sesuatu untuk mereka. Mereka mungkin menggunakan ungkapan seperti, "Jika kamu adalah teman sejati, kamu akan..." atau "Kamu berhutang padaku karena aku melakukan ini untukmu." Jauhi orang seperti ini karena mereka mengeksploitasi perasaan kesetiaan dan kewajiban Anda demi keuntungan mereka.

Pilihan Editor:

Punya Sahabat di Tempat Kerja, Berikut 7 Manfaat dan Risikonya

TIMES OF INDIA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."