6 Pelajaran Hidup yang Dipetik dari Hubungan, Mengenal Kebutuhan Emosional hingga Perspektif

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pertemanan wanita dan pria. Foto: Unsplash.com/Helena Lopes

Ilustrasi pertemanan wanita dan pria. Foto: Unsplash.com/Helena Lopes

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jenis hubungan apa pun baik itu keluarga, pertemanan, profesional, hingga asmara mengajarkan kita banyak pelajaran tentang kehidupan, perspektif, dan emosi. Dengan perasaan dan emosi yang ada, hubungan yang sehat memungkinkan kita mengeksplorasi diri sendiri dan menciptakan ruang yang lebih sehat.

"Dalam hubungan yang sehat, Anda akan bisa belajar tentang diri Anda sendiri. Melalui hubungan romantis saya selama dekade terakhir, saya mendapati diri saya belajar bagaimana saya ingin dicintai, apa yang dapat saya lakukan untuk mencintai, dan hubungan saya," terapis hubungan Divya Robin, dikutip dari Hindustan Times, Rabu, 13 September 2023.

Dalam tiap hubungan, ada proses yang dapat mengajarkan begitu banyak pelajaran. Dan, dalam tiap proses itu, menurut Robin, kita perlu terlibat dan terjalin di dalamnya untuk merawat suatu hubungan.

Berikut ini pelajaran hidup dalam hubungan:

1. Kebutuhan emosional

Untuk memahami apa yang kita butuhkan dari orang lain agar merasa terhubung secara emosional, dilihat dan dihargai; kita perlu mengevaluasi kebutuhan emosional kita sendiri. Hubungan yang sehat memungkinkan kita mengeksplorasi hal yang sama.

2. Pemicu

Ketika kita dihadapkan pada lebih banyak situasi di mana kita mungkin berhadapan dengan pemicu yang kita miliki, kita dapat memahami dan menyadari hal-hal yang mungkin memicu kita. Ini juga membantu kita mengatur tanggapan kita.

3. Ketidakamanan dan ketakutan

Hanya ketika kita menghadapi ketidakamanan dan ketakutan yang kita miliki, kita dapat mengatasinya atau belajar beradaptasi.

4. Perspektif

Hubungan yang sehat membantu kita melihat opini yang kita miliki, cara pandang, dan pola pikir yang kita miliki. Kita belajar untuk lebih menerima diri kita sendiri.

5. Belajar menerima hal-hal di luar kendali

Kita belajar bahwa dalam hidup ada banyak hal yang berada di luar kendali kita, dan alih-alih menjadi marah karenanya, kita bisa menerimanya.

6. Bagaimana ingin diperlakukan

Hubungan membantu kita mendapatkan kejelasan lebih lanjut tentang bagaimana kita ingin diperlakukan secara dinamis, dan oleh karena itu, kita dapat membuat beberapa pilihan.

Pilihan Editor: 5 Hal yang Dibutuhkan dalam Membangun Hubungan Sehat

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."