9 Cara agar Rambut Berkilau dan Lembut, Menurut Pakar Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi rambut pendek. Freepik.com/lookstudio

Ilustrasi rambut pendek. Freepik.com/lookstudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tampilan rambut berkilau dan lembut adalah dambaan setiap perempuan. Untuk mendapatkan tampilan tersebut, perlu memperhatikan kelembapan, pemilihan jenis handuk hingga cara menata rambut. Yuk, kita simak pemaparan para pakar rambut.

1. Menggunakan Sarung Bantal Sutra

Tampilan rambut lembut bisa dipengaruhi dengan pilihan sarung bantal. Menurut Iris Rubin, dokter kulit bersertifikat dan salah satu pendiri SEEN Skin & Hair Care, rambut tidak terasa lembut jika sisik di lapisan luar rambut (kutikula) tidak rata.

“Kondisi itu bisa menyebabkan rambut terlihat keriting dan kusam serta terasa keriting dan rapuh,” ujarnya dikutip dari Byrdie.

Jika Anda ingin mencegah gangguan pada kutikula rambut saat Anda tidur, pertimbangkan untuk membeli sarung bantal sutra. Tidur dengan sarung bantal sutra dapat membantu mengurangi gesekan yang dapat menyebabkan rambut kusut dan patah saat Anda bolak-balik sepanjang malam, jelas Rubin.

2. Hindari Penggunaan Bahan dan Produk yang Mengeringkan Rambut

Tergantung pada jenis rambut Anda, produk atau bahan tertentu dapat memperburuk kekeringan rambut. “Menggunakan produk perawatan rambut yang lembut dan menghindari produk dengan bahan yang berpotensi mengeringkan, seperti sulfat dan alkohol 'jahat', dapat membantu rambut mempertahankan kelembapan, [menjadikannya] lebih lembut dan berkilau,” jelas Rubin.

Menurut Adam Federico, penata rambut dan Wakil Presiden Pendidikan Teknis untuk R+Co penggunaan roduk penataan rambut tertentu, seperti hairspray, dapat mengeringkan helai rambut, sehingga menyebabkan rambut kusut dan kasar di hari kedua jika Anda tidak menambahkan lebih banyak kelembapan.

Dia merekomendasikan penggunaan kondisioner tanpa bilas vitamin C yang ringan untuk menambah kelembapan dan menghaluskan bagian tengah hingga ujung rambut kering.

3. Perhatikan Kualitas Air

Menurut Frederico, rambut bisa kehilangan kelembutan dan kelenturannya karena berbagai alasan. termasuk kualitas air. Tergantung di mana Anda tinggal, Anda mungkin mengalami "air sadah", yang dapat memengaruhi kesehatan dan tekstur rambut Anda. Apa pun jenis air di dekat Anda, Federico mengatakan pancuran yang disaring dapat membantu melembutkan rambut.

4. Cobalah Perawatan Pengkondisian Dalam

Untuk rambut berkilau dan lembut, Aaron Grenia, penata rambut dan salah satu pendiri IGK Hair Care, mengatakan pentingnya mengendalikan rambut kusut. Dia menjelaskan bahwa karena jenis rambut keriting cenderung lebih kering, penting untuk melembapkannya tanpa membebani helaiannya.

"Carilah produk yang [akan] mengunci kelembapan dan mengendalikan rambut kusut seiring waktu," sarannya.

Salah satu cara untuk memaksimalkan kelembapan dengan cepat? Perawatan pengondisian mendalam. Grenia mengatakan bahwa untuk melembutkan rambut di rumah, pelembap yang konsisten, perawatan deep conditioning, dan peminyakan rambut bisa sangat efektif.

Rubin juga menyetujui agar Anda menambahkan perawatan deep conditioning restoratif setiap minggu untuk rambut lebih berkilau dan lembut.

5. Gunakan Handuk Microfiber

Banyak orang dengan cepat (dan mungkin secara kasar) mengeringkan rambut mereka dengan handuk katun tradisional, namun Rubin memperingatkan bahwa hal ini dapat mengganggu kutikula rambut. Maka dari itu, dia merekomendasikan handuk microfiber yang dapat menyerap air tanpa menyebabkan rambut kusut atau rusak.

Baca juga: 13 Makanan yang Baik Untuk Pertumbuhan Rambut, Termasuk Telur, Ubi Jalar hingga Tiram

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."