9 Cara agar Rambut Berkilau dan Lembut, Menurut Pakar Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi rambut pendek. Freepik.com/lookstudio

Ilustrasi rambut pendek. Freepik.com/lookstudio

IKLAN

6. Hindari Penataan Gaya Panas yang Berlebihan

Seperti yang kerap kita dengar dari para ahli, rambut selembut sutra adalah rambut terhidrasi dengan kutikula yang sehat. Alat penata rambut yang dipanaskan akan mengeringkan rambut sekaligus merusak kutikula, sehingga membuatnya terasa kasar dan rapuh. Karena alasan ini, para pakar rambut menyarankan untuk mengurangi alat penata rambut yang menggunakan panas.

Penting untuk dicatat bahwa ketiga pakar rambut menyarankan untuk mengurangi penataan panas, bukan menghilangkannya. Mereka semua memiliki keyakinan yang sama bahwa penataan rambut dengan panas dapat dilakukan tanpa kerusakan serius pada rambut jika Anda mempersiapkannya dengan benar dan menggunakan produk pelindung panas. Federico bahkan mengatakan penataan panas dapat bermanfaat untuk menutup kutikula, tetapi hanya jika dilakukan dengan benar.

7. Gunakan Pelindung Panas

Saat Anda harus menata rambut dengan alat penata rambut panas, ketiga pakar mengatakan bahwa pelindung panas adalah suatu keharusan. Federico mengatakan ada kesalahpahaman bahwa mengeringkan rambut berarti rambut Anda otomatis tidak terlalu kusut, padahal pengeringan dengan panaslah yang akan menutup dan menghaluskan kutikula—asalkan dilakukan dengan pelindung panas.

Saat mengeringkan rambut atau menata rambut dengan panas, gunakan produk yang akan membantu menghaluskan helai rambut Anda sekaligus menawarkan perlindungan panas, kata Rubin.

8. Produk Tanpa Bilas

Meskipun sejumlah besar kelembapan ditambahkan saat atau setelah keramas, produk tanpa bilas dapat memperpanjang hidrasi tersebut setelah hari keramas. Ada banyak jenis kondisioner tanpa bilas, masing-masing dirancang untuk memberikan kelembapan pada jenis dan tekstur rambut yang berbeda. Semua ahli merekomendasikan penggunaan serum rambut untuk mengunci hidrasi dan memaksimalkan kilau dan kelembutan pada rambut. 

9. Pertimbangkan Perawatan Salon

Ada banyak solusi untuk mendapatkan rambut berkilau dan lembut di rumah, namun beberapa orang mungkin mendapat manfaat dari perawatan di salon (terutama jika rambut mereka sangat kasar atau rusak). Perawatan salon juga bermanfaat jika Anda ingin mendapatkan rambut sehalus sutra dengan cepat, karena beberapa perawatan di rumah memerlukan penggunaan yang konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk penghalusan di salon, Grenia merekomendasikan perawatan keratin atau botox rambut.

Baik Anda memutuskan untuk meningkatkan kelembutan rambut di rumah atau di salon, ada banyak cara untuk meningkatkan tampilan rambut berkilau dan lembut. Konsultasikan dengan penata rambut Anda untuk mengetahui strategi perataan terbaik untuk jenis dan tekstur rambut Anda.

Pilihan Editor: 7 Kesalahan Mengeringkan Rambut yang Perlu Dihindari

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."