13 Makanan yang Baik Untuk Pertumbuhan Rambut, Termasuk Telur, Ubi Jalar hingga Tiram

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Cantika.com

google-image
Makanan yang Baik Untuk Pertumbuhan Rambut/Canva

Makanan yang Baik Untuk Pertumbuhan Rambut/Canva

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Merawat keindahan dan kekuatan rambut tidak hanya dari luar saja, melainkan juga dari dalam. Dikutip dari Medical News Today, makanan yang dikonsumsi mempengaruhi pertumbuhan rambut dan kualitasnya. Protein, lemak, vitamin, dan mineral tertentu baik untuk rambut yang kuat dan sehat, serta berperan penting dalam siklus pertumbuhan folikel rambut dan pergantian sel.

Namun, banyak orang yang mengabaikan pentingnya sumber makanan yang kaya manfaat bagi rambut. tersebut. Mengkonsumsi makanan yang kurang nutrisi dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Akibatnya, muncul permasalahan seperti kerontokan dan rambut yang rapuh dan mudah patah. Tentu hal ini sangat mengganggu penampilan, bukan? 

Agar rambut tetap sehat sejalan dengan pertambahan usia, konsumsilah makanan yang kaya akan nutrisi. Melansir dari Healthline, terdapat 13 makanan di bawah ini merupakan sumber gizi yang baik bagi rambut terutama pertumbuhannya. 

1. Telur

Telur merupakan sumber protein dan biotin yang penting untuk pertumbuhan rambut. Biotin sangat penting untuk produksi protein rambut yang disebut keratin, itulah sebabnya suplemen biotin sering dipasarkan untuk pertumbuhan rambut.

Penelitian juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi lebih banyak biotin dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut pada orang yang kekurangan biotin. Kurangnya protein dalam makanan telah terbukti meningkatkan kerontokan rambut. 

2. Beri

Buah beri kaya akan vitamin yang dapat mendukung pertumbuhan rambut, salah satunya vitamin C, yang memiliki sifat antioksidan yang kuat. Antioksidan dapat membantu melindungi folikel rambut dari kerusakan akibat molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. 

Jenis beri ini termasuk strawberry, blueberry, blackberry, raspberry, cranberry, blackcurrant, cloudberry, bilberry dan masih banyak lagi. 

3. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau sehat yang sarat dengan nutrisi bermanfaat seperti folat, zat besi, serta vitamin A dan C, yang semuanya penting untuk pertumbuhan rambut. Studi menunjukkan vitamin A penting untuk pertumbuhan rambut. Bayam juga merupakan sumber zat besi nabati yang baik dan penting untuk pertumbuhan rambut. 

4. Ikan Berlemak (Fatty Fish)

Ikan berlemak seperti salmon, herring, dan mackerel memiliki nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Mereka adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik, yang dikaitkan dengan pertumbuhan rambut dalam beberapa penelitian.

Ikan berlemak juga merupakan sumber protein, selenium, vitamin D3, dan vitamin B yang bagus, nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kekuatan dan kesehatan rambut.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah sumber beta-karoten yang bagus. Tubuh mengubah senyawa ini menjadi vitamin A, yang terkait dengan kesehatan rambut. Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin A dapat memengaruhi produksi sebum, yang membantu menjaga kesehatan rambut.

6. Alpukat

Alpukat adalah buah yang lezat, bergizi, dan merupakan sumber lemak sehat. Alpukat juga sumber vitamin E, yang dapat mendukung pertumbuhan rambut. Seperti vitamin C, vitamin E adalah antioksidan yang membantu mencegah stres oksidatif dengan menetralkan radikal bebas.

Vitamin E juga melindungi area kulit, seperti kulit kepala, dari stres dan kerusakan oksidatif. Kulit yang rusak di kulit kepala dapat menyebabkan kualitas rambut yang buruk dan lebih sedikit folikel rambut.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk pertumbuhan rambut. Terlebih lagi, kacang-kacangan juga mengandung vitamin B, seng, dan asam lemak esensial. Kekurangan salah satu nutrisi ini telah dikaitkan dengan kerontokan rambut.

8. Biji-bijian

Biji-bijian kaya akan nutrisi dengan kalori yang relatif sedikit. Biji-bijian juga penting untuk pertumbuhan rambut karena terdapat vitamin E, seng, dan selenium.

Satu ons (28 gram) biji bunga matahari menyediakan hampir 50% dari kebutuhan vitamin E harian, dengan berbagai macam vitamin B yang menyehatkan rambut. Terlebih lagi, biji tertentu seperti biji rami dan biji chia juga menyediakan asam lemak omega-3.

9. Paprika Manis

Paprika manis adalah sumber vitamin C kaya antioksidan yang dapat mendukung pertumbuhan rambut. Faktanya, satu buah paprika kuning menyediakan hingga 456% kebutuhan vitamin C harian wanita dan 380% untuk pria.

Vitamin C membantu meningkatkan produksi kolagen, yang dapat membantu memperkuat helai rambut. Selain itu, dapat melindungi helai rambut dari stres oksidatif. Stres oksidatif terjadi ketika radikal bebas membanjiri sistem pertahanan antioksidan tubuh. Hal ini telah dikaitkan dengan kerontokan rambut dan rambut beruban.

10. Tiram

Tiram adalah salah satu makanan sumber seng terbaik. Satu tiram ukuran sedang menyediakan hingga 96% kebutuhan seng harian untuk wanita dan 75% kebutuhan seng harian untuk pria.

Seng adalah mineral yang membantu mendukung siklus pertumbuhan dan perbaikan rambut. Kurangnya seng dalam makanan dapat meningkatkan telogen effluvium, bentuk kerontokan rambut yang umum.

11. Kacang Polong

Kacang polong adalah sumber protein nabati yang baik dan penting untuk pertumbuhan rambut. Seperti tiram, kacang merupakan sumber seng yang baik, yang membantu siklus pertumbuhan dan perbaikan rambut. Kacang polong juga menyediakan banyak nutrisi sehat rambut lainnya, termasuk zat besi, biotin, dan folat.

12. Kedelai

Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa dalam kedelai dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Salah satu senyawa tersebut adalah spermidine, yang banyak terdapat pada kedelai.

Sebuah penelitian terhadap 100 orang menemukan bahwa suplemen nutrisi berbasis spermidine memperpanjang fase pertumbuhan rambut aktif yang disebut fase anagen. Semakin lama folikel rambut berada dalam fase anagen, semakin lama ia akan tumbuh.

13. Daging

Daging adalah makanan pokok banyak orang dan kaya akan nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan rambut. Daging merah, khususnya, kaya akan zat besi yang mudah diserap. Mineral ini membantu sel darah merah mengantarkan oksigen ke seluruh sel tubuh, termasuk folikel rambut.

Aturan Konsumsi Makanan

Perlu dipehatikan, konsumsilah makanan-makanan diatas secara berganti-gantian dan jangan berlebihan. Terutama untuk orang-orang yang punya alergi atau penyakit yang disebabkan oleh beberapa makanan tersebut. 

Untuk merawat rambut rontok, hendaknya juga dibarengi perawatan dari luar, agar manfaat untuk rambut menjadi seimbang mendapat asupan dari luar dan dari dalam. Diet yang sehat dan seimbang juga dapat membantu mempertahankan tingkat pertumbuhan dan penggantian rambut.

Perhatikan pula faktor-faktor yang menyebabkan rontoknya rambut seperti genetik, stres, melahirkan, kondisi tiroid, penuaan, atau penyakit lainnya. Tentunya perlu konsultasi ke dokter terlebih dahulu. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."