4 Makanan yang Bantu Hindari Jet Lag

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi wanita menggunakan penutup mata saat tidur. Foto: Freepik.com/senivpetro

Ilustrasi wanita menggunakan penutup mata saat tidur. Foto: Freepik.com/senivpetro

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaJet lag kerap dirasakan masyarakat yang lakukan penerbangan jarak jauh. Kondisi ini membuat seseorang merasa kelelahan, mengantuk pada siang hari namun sulit tidur di malam hari.

Seperti dilansir Hindustan Times, awal September 2023, meskipun tidak ada obat yang bisa menyembuhkan jet lag, namun ada faktor yang mempengaruhi seseorang merespons perubahan yang terjadi selama jet lag. Charles Perkins Centre dari Universitas Sydney dan maskapai penerbangan Australia Qantas telah meneliti soal faktor itu. Menurut tim tersebut, menu dalam penerbangan, paparan cahaya, dan olahraga untuk mempelajari bagaimana penumpang merespons perubahan yang terjadi selama jet lag.

Salah satu kesimpulan menarik yang mereka temukan adalah bahwa makanan yang mengandung bahan-bahan tertentu, seperti cabai dan coklat, dapat mengurangi jet lag dan meningkatkan kualitas tidur pada penumpang jarak jauh.

"Makanan berprotein tinggi merangsang jalur 'katekolamin' Anda yang biasanya diaktifkan di pagi hari; itulah yang membangunkan Anda sebelum jam alarm berbunyi dan berfungsi untuk merangsang fase aktif tubuh. Makanan tinggi karbohidrat menstimulasi jalur 'indoleamine' Anda, yang biasanya terjadi pada malam hari siklus sirkadian saat Anda hendak tidur malam,” kata ahli gizi dan ahli diet Garima Goyal.

Jet lag merupakan suatu kondisi fisiologis yang ditandai dengan rasa lelah dan kebingungan setelah melakukan perjalanan jarak jauh melintasi beberapa zona waktu.

Selain itu, beberapa makanan lain yang dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak di perjalanan jauh menggunakan pesawat untuk menghindari jet lag adalah:

1. Pisang

Pisang memiliki asam amino esensial triptofan yang mengurangi waktu yang Anda butuhkan untuk tidur. Selain itu, magnesium dalam pisang membantu mengendurkan otot dan membantu mendapatkan tidur yang nyenyak.

2. Jahe

Jahe adalah bumbu yang sangat ampuh untuk melawan rasa mual saat jet lag dan Anda bisa mendapatkannya dengan membuat teh jahe.

3. Kiwi

Mengonsumsi buah ini mentah atau dalam bentuk jus adalah pilihan terbaik untuk mengatasi jet lag karena mengandung serotonin yang diubah menjadi melatonin, hormon yang membantu mendorong tidur.

4. Lemon

Untuk mengurangi jet lag, tambahkan beberapa tetes jus lemon ke dalam air panas dan minum atau cukup konsumsi sepotong lemon saja.

Pilihan Editor: Penyebab Sulit Tidur saat Bepergian dan Cara Mengatasinya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."