5 Penyebab Mual di Pagi Hari, Selain Hamil

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita muntah atau mual. Shutterstock

Ilustrasi wanita muntah atau mual. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda pernah alami mual di pagi hari, padahal tidak sedang hamil? Jika iya, tentu itu situasi yang tak diinginkan untuk memulai hari. Mual di pagi hari bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan. Apa saja itu? Berikut lima di antaranya menurut dokter.

1. GERD

Berjalan sepanjang malam tanpa makan dapat meninggalkan asam lambung yang menyebabkan sakit perut di pagi hari, kata Jason Womack, Profesor Kedokteran Keluarga di Rutgers University Robert Wood Johnson Medical School.

Berbaring telentang di malam hari juga memungkinkan asam naik kembali ke kerongkongan, sehingga menyebabkan refluks asam lambung atau Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD).

“Gastritis atau refluks asam dapat dikaitkan dengan mual di pagi hari,” kata Dr. Womack dikutip dari PopSugar, Jumat, 8 September 2023. GERD, suatu bentuk refluks asam yang intens juga dikaitkan dengan mual.

Apa yang Anda makan sebelum tidur juga dapat memperburuk mual di pagi hari. “Sering kali, waktu – makan terlambat – atau kandungan makanan, seperti makanan yang kaya lemak atau makanan yang dibumbui dengan banyak bumbu, dapat menyebabkan refluks asam lambung,” jelas Becky Batiste Ferrier, dokter pengobatan keluarga di North Oaks Primary Care di Hammond, Los Angeles, Amerika Serikat.

Jadi, sebaiknya makan malam paling lambat dua jam sebelum waktu tidur dan menghindari makanan yang berpotensi memicu mual. Dr. Womack juga menambahkan bahwa menopang diri Anda di tempat tidur dapat membantu mengurangi refluks asam, dan Anda juga dapat mencoba antasida pagi hari untuk meredakannya sementara.

2. Efek Minum Obat Baru

“Mual juga bisa berhubungan dengan pengobatan,” kata Dr. Batiste Ferrier. Selain itu, meminum obat saat perut kosong atau memulai pengobatan baru juga dapat menyebabkan Anda merasa mual. Jika Anda sedang mengonsumsi obat dan mengalami mual di pagi hari, bicarakan dengan dokter Anda. “Semua pengobatan dan jadwal pengobatan harus ditinjau,” kata Dr. Ferrier.

3. Vertigo

Vertigo posisi paroksismal jinak adalah salah satu penyebab paling umum dari vertigo, menurut Dr. Ferrier.

“Gejalanya sering terjadi seiring dengan perubahan posisi. Pada pagi hari, terjadi saat seseorang berpindah dari posisi berbaring ke duduk dan berdiri.” Gejala vertigo yang persisten harus didiskusikan dengan dokter.

4. Kadar Gula Darah Rendah

Tergantung pada apa yang Anda makan, atau lebih tepatnya tidak, di pagi hari, kadar gula darah Anda mungkin di bawah normal yang menyebabkan Anda merasa mual, menurut Manhattan Gastroenterology.

Jadi jika Anda cenderung merasa mual di pagi hari, pertimbangkan seberapa sering Anda melewatkan atau menunda sarapan dan memilih makan menjelang waktu bangun tidur. Gula darah rendah juga umum terjadi pada penderita diabetes dan dapat dipengaruhi oleh kadar insulin dan obat-obatan. Gejala diabetes lainnya termasuk peningkatan rasa haus, sering buang air kecil, kelelahan, dan penglihatan kabur, menurut Clinic Cleveland.

Jika mual Anda terus-menerus atau disertai gejala-gejala tersebut, sebaiknya diskusikan dengan dokter.

5. Stres, Lelah, atau Cemas

Terakhir, Dr. Batiste Ferrier menjelaskan bahwa stres, kelelahan, dan kecemasan  yang sering muncul di pagi hari yang sibuk  juga dapat bermanifestasi dalam gejala fisik seperti mual. Jika itu masalahnya, Anda harus berbicara dengan dokter atau terapis untuk mengatasi kesehatan emosional dan mental Anda.

Jika mual di pagi hari terus berlanjut dan disertai perubahan penglihatan, kelemahan, muntah, demam, penurunan berat badan, kesulitan berjalan, atau kebingungan, segera konsultasi dengan dokter. “Kondisi tersebut berpotensi disebabkan oleh masalah kesehatan yang lebih mengkhawatirkan terkait dengan kemungkinan penyebab mual yang menular, struktural, atau metabolik,” pungkas Dr. Batiste Ferrier.

Pilihan Editor: Alasan Mengapa Terasa Pusing dan Mual saat Mandi, Gula Darah Rendah

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."