5 Manfaat Penting Konsumsi Kelapa, Bagus untuk Usus Hingga Lawan Peradangan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi kelapa muda (Pixabay.com)

Ilustrasi kelapa muda (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Air kelapa menjadi salah satu minuman favorit dikonsumsi ketika kita berada di pantai. Tentu ada banyak manfaat baik yang dihasilkan air kelapa. Dari mulai membersihkan hingga membantu mengatasi rambut kusut, menghilangkan riasan, dan mengurangi peradangan kronis, lalu air kelapa kaya akan manfaat kesehatan, berkat elektrolit, antioksidan, dan vitamin C.

Namun buah kelapa juga sesuatu yang istimewa salah satunya dapat berfungsi sebagai makanan penutup nabati.

Dari segi kesehatan, berikut lima alasan sehat mengapa seseorang harus mulai makan kelapa hari ini, menurut pakar nutrisi Susan Hewlings, Ph.D., RD, dan Kelly Springer, MS, RD, CDN seperti disiarkan Real Simple beberapa waktu lalu:

1. Kelapa dapat melawan peradangan

Hewlings mengatakan sebagai bagian dari pola makan sehat, kelapa menunjukkan aktivitas antioksidan karena kandungan polifenolnya. Kemudian, Virgin Coconut Oil (VCO) merupakan sumber senyawa fenolik, seperti asam caffeic, asam ferulic, dan banyak lagi. "Karena polifenol ini memiliki sifat antioksidan, maka dapat membantu mengimbangi radikal bebas oksidatif yang dapat menyebabkan peradangan," kata dia.

Hewlings merekomendasikan orang-orang mencari kelapa mentah dan atau minyak kelapa segar yang belum diolah untuk mendapatkan manfaat antioksidan dan anti-inflamasi paling banyak.

2. Kelapa bagus untuk kesehatan usus

Menurut Springer, makan kelapa sangat baik untuk kesehatan usus karena mengandung banyak serat, yang membantu mikrobioma berkembang dengan menyediakan makanan bagi bakteri baik usus. “Kelapa juga relatif tinggi lemak, yang membantu tubuh Anda menyerap vitamin D, E, A, dan K yang larut dalam lemak,” katanya.

Vitamin D dan K dapat dikaitkan dengan mikrobioma usus yang lebih beragam dan karenanya lebih tangguh. Mikrobioma usus yang lebih kuat berarti pencernaan, kekebalan, dan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan.

Springer menyarankan orang-orang mencoba menambahkan beberapa sendok kelapa parut ke oatmeal atau yogurt di pagi hari untuk mendapatkan manfaat ini.

3. Kelapa adalah makanan super untuk kulit bercahaya

Kelapa bisa sangat bermanfaat bagi kulit, terutama dalam bentuk minyak kelapa. Springer termasuk yang suka menggunakan minyak kelapa untuk membantu menenangkan peradangan dan kemerahan, menambah kelembaban, dan bahkan mempercepat penyembuhan luka.

Kemudian, minyak kelapa mengandung banyak lemak sehingga akan membantu tubuh menyerap vitamin E dan A, yang keduanya merupakan antioksidan yang dikenal untuk melindungi dan memulihkan kulit.

Ingatlah, minyak kelapa bersifat komedogenik yang berarti dapat melindungi dan memulihkan kulit sekaligus menyumbat pori-pori sehingga sebaiknya hindari penggunaan pada area rawan jerawat.

4. Kelapa dapat meningkatkan fungsi kognitif

Hewlings menuturkan salah satu ciri utama penyakit Alzheimer adalah penurunan kemampuan otak untuk menggunakan glukosa sebagai bahan bakar, yang dapat dimulai sekitar 10-15 tahun sebelum diagnosis. “Ketika otak tidak dapat menggunakan glukosa (sumber bahan bakar utamanya), otak dapat menggunakan badan keton sebagai sumber bahan bakar alternatif," tutur dia.

Minyak kelapa mengandung badan keton. Oleh karenanya, minyak ini dianggap sebagai bagian dari pola makan sehat secara keseluruhan untuk memberi manfaat bagi kesehatan kognitif dengan menyediakan sumber energi alternatif ke otak.

5. Kelapa sumber lemak yang disukai dibandingkan mentega atau lemak daging sapi

Kelapa memang mengandung lemak jenuh, namun penelitian menunjukkan kelapa memiliki asam lemak rantai sedang. Hewlings menjelaskan bahwa asam lemak ini diserap secara berbeda dan memiliki profil lipid yang lebih disukai dibandingkan dengan asam lemak rantai panjang, seperti dalam lemak hewani seperti daging dan mentega.

“Minyak mengandung lebih dari sekadar asam lemak, termasuk nutrisi dan vitamin lain, yang mungkin juga berdampak pada risiko kardiovaskular,” kata dia.

Selain itu, lemak dari makanan menyediakan energi yang merupakan kunci penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, menyediakan struktur sel, memberikan perlindungan bagi organ, dan masih banyak lagi.

Kelapa mengandung nutrisi penting yang ditemukan dalam lemak makanan dan menyediakan sumber lemak jenuh yang menyehatkan sekaligus menyediakan antioksidan.

Pilihan Editor: 8 Manfaat Air Kelapa, Tak Cuma Menghidrasi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."