5 Tips Liburan Seru, Berpetualang di Pegunungan Salju Hingga Menikmati Alam Bawah Laut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Para pemain ski menikmati liburan di SkiArena Andermatt-Sedrun di resor Alpen di Andermatt, Swiss 11 Januari 2020. Arena ini menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai penjuru negara untuk berlibur tahun baru sambil menikmati Salju. REUTERS/Arnd Wiegmann

Para pemain ski menikmati liburan di SkiArena Andermatt-Sedrun di resor Alpen di Andermatt, Swiss 11 Januari 2020. Arena ini menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai penjuru negara untuk berlibur tahun baru sambil menikmati Salju. REUTERS/Arnd Wiegmann

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaLiburan akhir tahun merupakan momen yang ditunggu-tunggu bagi masyarakat. Liburan itu bisa menjadi kesempatan melepas penat dan mengisi kembali energi, sambil menciptakan berbagai kenangan tak terlupa bersama keluarga.

Ada 5 tips liburan seru seperti dilansir dari OK Bank yang diterima Sabtu 2 September 2023.

1. Mempelajari budaya baru lewat festival

Beberapa negara memiliki perayaan besar sebagai tradisi yang diadakan setiap tahunnya. Baik dalam bentuk upacara sakral maupun karnaval, acara tersebut mengajak pengunjung mengenal lebih jauh budaya lain di dunia.

Saat merencanakan liburan, carilah informasi mengenai perayaan tahunan terkenal yang akan digelar, seperti iring-iringan wahana pawai pada Festival Musim Gugur Takayama di Kuil Sakurayama Hachimangu, Jepang yang masuk ke dalam Daftar Representatif Warisan Budaya Tak Benda Kemanusiaan dari UNESCO.

2. Berpetualang di pegunungan tertutup salju

Musim dingin merupakan momen yang tepat untuk menghabiskan liburan di Pegunungan Alpen, Swiss, dengan kemegahan puncaknya yang tertutup salju. Sebagai salah satu pegunungan ternama di dunia, pengunjung dapat menikmati keindahannya lewat berbagai aktivitas berbeda, mulai dari bermain ski, mendaki, atau sekedar bersantai sambil menghirup udara yang segar.

Tak hanya itu, pegunungan itu juga menyediakan berbagai fasilitas, termasuk penginapan yang nyaman, tempat wisata berkualitas, serta area perbelanjaan.

Sejumlah wanita berkostum petani teh tradisional memetik daun teh hijau Tencha dalam ajang Festival Panen Teh, Jumat (2/5), di Uji, Jepang. Buddhika Weerasinghe/Getty Images

3. Mengikuti upacara minum teh tradisional

Meski minuman kopi kini banyak digemari, namun, keberadaan teh tetap memegang peranan penting, terutama dalam sejarah Korea yang telah ada sejak ribuan tahun lalu. Jika ingin berlibur sambil mempelajari sejarah dan merasakan langsung tradisi kuat yang masih dipertahankan hingga saat ini, datanglah ke Istana Gyeongbokgung di Seoul, Korea Selatan, yang memberikan pengenalan akan budaya minum teh, pembuatan kue madu sekaligus tata krama tradisional di bangunan khas Korea yang begitu menawan.

4. Jelajahi gurun pasir terkenal di dunia

Bagi sebagian orang yang menyukai liburan dengan petualangan menantang, wisata gurun pasir di Gurun Sahara, Maroko bisa menjadi pilihan yang cukup tepat.

Gurun terbesar ketiga di dunia itu menyediakan beragam aktivitas yang dapat memicu adrenalin di tengah hamparan pasir keemasan yang memukau, seperti bermain sand boarding, berpetualang dengan menunggangi unta, hingga menginap dan menikmati langit malam bertabur bintang di tengah padang pasir.

5. Mengenal pesona kehidupan bawah laut

Sama seperti kehidupan satwa liar di daratan yang menakjubkan, kehidupan alam di bawah laut juga menyimpan sejuta pesona. Rasakan pengalaman luar biasa saat melihat langsung kekayaan hayati yang dimiliki oleh surga bawah laut dari jarak yang sangat dekat.

Ajak keluarga berlibur ke Great Barrier Reef, Australia dan berjalanlah di sepanjang dasar laut dengan helm selam untuk mengamati kehidupan laut yang mengagumkan di antara keindahan terumbu karang langka berusia 400 tahun.

Namun, perlu diingat, rencana liburan yang baik membutuhkan persiapan matang sejak jauh hari. Setelah menentukan ide liburan akhir tahun, carilah informasi mengenai harga tiket pesawat dari negara tujuan wisata dengan mengunjungi beberapa pameran perjalanan yang menawarkan beragam promo menarik.

Tak hanya itu, pilihlah juga solusi pembiayaan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan dana liburan, salah satunya Kredit Tanpa Agunan (KTA). Retail Business Development Department Head OK Bank Hardiansyah Ramadhan mengatakan rencana liburan yang baik membutuhkan perhitungan keuangan secara cermat dan solusi pembiayaan yang tepat serta disiplin dalam pengelolaan anggaran supaya keuangan keluarga tetap terjaga.

Pilihan Editor: 5 Pilihan Liburan Seru dan Edukatif di Jakarta

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."