Atasi Nyeri Menstruasi yang Menyiksa dengan Konsumsi 7 Makanan Ini, dari Pisang hingga Kenari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi pisang. Freepik.com/KamranAydinov

Ilustrasi pisang. Freepik.com/KamranAydinov

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berikut adalah makanan yang harus Anda tambahkan ke dalam pola diet agar merasa enak dan tetap energik saat nyeri menstruasi.

Saat datang bulan atau menstruasi, perubahan suasana hati, terasa kembung, dan kram perut sering terjadi, meski dianggap sebagai gejala yang wajar namun ada cara untuk meminimalisir derita saat haid. 

Berikut adalah makanan yang harus Anda tambahkan ke dalam pola diet agar merasa enak dan tetap enerjik saat menstruasi, dikutip dari laman Hindustan Times, Rabu.

1. Jeruk


Ilustrasi mentimun dan jeruk. shutterstock.com

Buah jeruk juga direkomendasikan oleh Ayurveda untuk manfaat kesehatan secara keseluruhan. Ini juga dianggap sebagai makanan anti-diabetes karena meningkatkan kadar gula darah, metabolisme dan diketahui mencegah akumulasi racun.
 

2. Pisang

Dengan kandungan vitamin B6 yang kaya, pisang dapat membantu meringankan perubahan suasana hati dan mengurangi kembung. Pisang juga menyediakan sumber energi yang cepat dan membantu mengatur pergerakan usus.
 

3. Kurma


Ilustrasi kurma. Freepik.com

Sebagai sumber zat besi alami, kurma dapat membantu melawan potensi hilangnya zat besi selama menstruasi. Buah kurna juga mengandung serat dan gula alami yang dapat memberikan energi berkelanjutan.
 

4. Kenari

Ilustrasi Kacang Kenari. shutterstock.com

Kacang kenari memiliki asam lemak omega-3 yang tinggi, kacang ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kram dan ketidaknyamanan. Serta menyediakan nutrisi penting seperti protein, serat, dan magnesium.
 

5. Jahe

Ilustrasi jahe. Freepik.com

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan pereda nyeri yang dapat membantu meringankan kram menstruasi. Ini juga membantu pencernaan dan dapat membantu meringankan rasa mual yang dialami beberapa wanita selama menstruasi.

6. Teh Herbal
 

Teh herbal seperti kamomil, peppermint, atau daun raspberry dapat memberikan efek menenangkan pada tubuh. Chamomile dan peppermint dapat membantu mengendurkan otot dan mengurangi rasa sakit, sedangkan teh daun raspberry dianggap dapat mengencangkan rahim dan mendukung kesehatan reproduksi secara keseluruhan.


Pilihan Editor:

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."