7 Manfaat Tomat untuk Kecantikan, Rahasia Kulit Sehat Alami

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Cantika.com

google-image
Ilustrasi masker tomat. Shutterstock

Ilustrasi masker tomat. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tomat, buah merah yang sering kita temukan sebagai campuran di berbagai masakan, ternyata tidak hanya lezat untuk dinikmati. Tetapi juga memiliki manfaat luar biasa untuk kecantikan kulit.

Kandungan nutrisi yang kaya dalam tomat membuatnya menjadi makanan yang baik untuk jantung serta menjadi bahan alami yang populer dalam perawatan kulit dan kecantikan.

Berikut ini 5 manfaat tomat untuk kecantikan yang perlu kamu ketahui.

1. Antioksidan Kuat

Tomat mengandung likopen mencegah kanker, pigmen alami yang memberikan warna merah pada buah ini. Likopen adalah antioksidan yang bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas akibat paparan sinar matahari, polusi, dan faktor lingkungan lainnya. Dengan mengonsumsi tomat secara teratur, kamu dapat membantu menjaga kulit tetap sehat.

2. Menyamarkan Noda dan Bintik Hitam

Kandungan vitamin C dalam tomat diyakini membantu mencerahkan kulit dan mengurangi noda serta bintik hitam. Kamu dapat membuat masker alami dengan mencampurkan jus tomat murni dengan sedikit madu. Lalu mengaplikasikannya secara lembut ke wajah. Kandungan vitamin C dalam tomat juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan kulit dan merangsang produksi kolagen.

3. Mengontrol Produksi Minyak Berlebih

Bagi kamu yang memiliki masalah kulit berminyak, tomat bisa menjadi solusi alami. Kandungan asam salisilat dalam tomat membantu mengatur produksi minyak berlebih di wajah, sehingga kulit terlihat lebih segar dan bebas kilap. Cobalah rutin menggunakan masker tomat atau masker dengan kandungan tomat di dalamnya untuk membantu mengontrol produksi minyak di wajah.

4. Meredakan Jerawat

Tomat mengandung asam askorbat, yang diyakini dapat membantu meredakan peradangan pada kulit. Ini membuat tomat menjadi salah satu bahan alami yang efektif untuk membantu meredakan dan menghilangkan jerawat serta masalah kulit lainnya terkait peradangan. Kamu dapat mengaplikasikan irisan tipis tomat langsung pada area yang terkena jerawat atau membuat masker dengan campuran tomat dan madu.

5. Membantu Menghidrasi Kulit

Tomat memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga mengonsumsinya secara teratur dapat membantu menjaga hidrasi kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik cenderung tampak lebih segar, lembut dan sehat.

6. Perlindungan Tambahan dari Sinar UV

Kandungan vitamin C dan likopen dalam tomat dapat membantu kulit melawan efek buruk sinar ultraviolet (UV) yang merusak. Meskipun bukan pengganti penggunaan tabir surya, konsumsi tomat dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari berlebihan.

7. Mengencangkan Kulit

Kandungan vitamin A dalam tomat mendukung regenerasi sel kulit dan membantu meningkatkan elastisitas kulit. Ini dapat membantu mengencangkan kulit wajah dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Tomat bukan hanya lezat untuk dikonsumsi, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Dengan kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang kaya. Tomat dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan, meredakan masalah kulit dan menjaga kulit agar tetap sehat.

Selain itu, salah satu aspek menarik dari manfaat tomat untuk kecantikan adalah ketersediaannya yang luas dan kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau.

Kamu dapat menyertakan tomat dalam pola makanmu setiap hari atau menggunakannya dalam rutinitas perawatan kulit.

Jangan ragu untuk menggunakannya dalam bentuk masker wajah alami dan buktikan sendiri manfaatnya yang luar biasa.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."