Acne Patch dapat Menghilangkan Jerawat dalam Semalam, Ini Cara Kerjanya!

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Cantika.com

google-image
Ilustrasi Acne Patch/Canva

Ilustrasi Acne Patch/Canva

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Munculnya jerawat secara tiba-tiba tentu sangat menjengkelkan apalagi di saat yang tidak tepat. Diperlukan solusi yang cepat untuk menghilangkannya. Stiker penghilang jerawat yang biasa dikenal dengan acne patch atau pimple patch, dapat menjadi solusinya.

Namun sebenarnya, bagaimana cara kerja pimple patch? Apakah benar efektif dalam menghilangkan jerawat secara cepat? Berikut penjelasannya.

Apa Itu Acne Patch

Acne patch merupakan produk penghilang jerawat berupa tempelan kecil seperti stiker, terkadang dengan beragam bentuk, yang dikenakan dengan cara menempelkannya langsung diatas jerawat yang muncul di wajah.

Acne patch dapat menghilangkan jerawat secara instan atau dalam waktu semalam saja. Hal ini menjadikan acne patch popular karena bisa menghilangkan jerawat secara cepat dan warnanya yang menyerupai kulit hingga saat digunakan tidak mengganggu penampilan. Selain itu, bentuknya yang bervariasi juga menjadi daya tarik sendiri mengapa orang membelinya. 

Menurut Debra Jaliman, MD, dokter kulit yang berbasis di New York City dan penulis Skin Rules, acne patch terbuat dari bahan hidrokoloid. Hidrokoloid terdiri dari gelatin atau pektin. Selain hidrokoloid, acne patch biasanya diformulasikan dengan bahan pelawan jerawat yang umum seperti asam salisilat.

Cara Kerja Acne Patch untuk Membantu Menghilangkan Jerawat

Terdapat penjelasan mengenai cara kerja acne patch yang dilansir dari Everydayhealth.com.

1. Acne Patch dapat “Menghisap” Kotoran dari Pori-Pori

Dr. Jaliman mengatakan, acne patch efektif digunakan karena menyerap cairan berlebih dan memiliki efek seperti vakum yang mengeluarkan kotoran dan minyak yang dapat menyebabkan jerawat. “Ini kemudian mengubah kotoran tersebut menjadi zat seperti gel yang menempel pada tambalan dan disegel dari wajah,” ujarnya. 

Acne patch juga dapat mencegah bakteri memasuki jerawat dan memperparah kemerahan dan peradangan. Efek "menghisap" ini merupakan inti dari teknologi hidrokoloid.

2. Acne Patch Membantu Mencegah Tangan Menyentuh Wajah

Acne patch menjaga area jerawat tertutup sehingga wajah tidak mudah terkena oleh tangan hingga terhindar dari noda maupun bakteri dari luar. 

Lauren Fine, MD, a dokter kulit bersertifikat di Chicago Cosmetic Surgery and Dermatology. menjelaskan bahwa jerawat yang seringkali tersentuh akan memicu lebih banyak peradangan yang dapat meningkatkan waktu penyembuhan serta membuatnya lebih mungkin meninggalkan bekas, perubahan warna, atau bekas luka.

3. Mereka Dapat Membantu Mengobati Noda Anda Dengan Bahan Aktif

Dr. Jaliman berkata, acne patch yang mengandung bahan yang membantu mengobati jerawat, seperti asam salisilat. Bahan ini memberikan bantuan ekstra untuk membersihkan kotoran dan bakteri dari pori-pori dan mempercepat pembersihan. 

American Academy of Dermatology mencatat bahwa asam salisilat, selain benzoil peroksida, adalah salah satu bahan terbaik untuk mengatasi jerawat. Menurut penelitian, beberapa produk juga mengandung bahan-bahan yang menenangkan kulit seperti lidah buaya dan vitamin A, yang dapat membantu mengurangi peradangan lebih lanjut.

Jenis Acne Patch

Dilansir dari Healthline, ada sejumlah manfaat menggunakan acne patch, mulai dari mencegah tangan untuk memencet jerawat dan mencegah iritasi lebih lanjut hingga memberikan perlindungan UV dan membantu proses penyembuhan. Sama seperti jerawat yang punya beragam jenis, acne patch juga punya ragam jenis. Berikut penjelasannya.

Acne Patch untuk Jerawat Aktif

Acne patch jenis ini diisi dengan bahan aktif yang membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan meredakan peradangan. Acne patch meningkatkan penyerapan bahan aktif ke dalam kulit.

Mereka membantu mengurangi benjolan, nyeri, dan kemerahan dan bisa efektif saat mengobati jerawat yang meradang, seperti papula. Stiker jerawat ini juga dapat membantu mengurangi ukuran lesi yang disebabkan oleh jerawat nodular atau kistik. Bahan aktif yang paling umum dari tambalan ini adalah asam salisilat dan tea tree.

Acne Patch untuk Penyembuhan Jerawat

Acne patch non medis adalah nama lain dari perban hidrokoloid, yang paling sering digunakan untuk luka pasca operasi untuk membantu mempercepat proses penyembuhan.

Stiker jerawat jenis ini tidak terdapat kandungan obat dan sedikit berbeda karena sebagian besar telah dipotong dalam bentuk lingkaran agar sesuai dengan ukuran jerawat. Mereka juga sangat tipis, yang berarti tidak terlalu terlihat bila digunakan. 

Acne patch ini bekerja dengan:

  • menyedot kelembaban dari pori-pori 
  • mencegah infeksi lain
  • berfungsi sebagai penghalang kelembaban untuk membantu mempercepat pemulihan dan mencegah pembentukan bekas jerawat

Acne Patch untuk Jerawat Kistik

Acne patch ini mengandung microneedles yang larut (seperti jarum yang sangat halus dan kecil), dengan tujuan untuk membantu mengobati jerawat kistik atau nodular. Jenis ini dapat membantu menembus dan mengantarkan bahan aktif ke lapisan kulit yang lebih dalam di tempat yang dibutuhkan.

Meskipun keefektifannya dapat bervariasi tergantung pada orang dan kedalaman jerawat itu sendiri, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."