7 Jenis Mainan Anak Usia 3 Tahun, dari Set Mewarnai hingga Mainan Balok

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi anak-anak dan mainan. Shutterstock.com

Ilustrasi anak-anak dan mainan. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Untuk mendukung tumbuh kembang anak, mainan anak tak hanya menjadi hiburan, tetapi juga menstimulasi kognitif dan motorik mereka. Mainan salah satu perangkat dalam pendidikan setiap anak. Anak-anak bisa memperoleh banyak pembelajaran dari mainan, dan mungkin inilah sebabnya mengapa mereka diperkenalkan pada miniatur yang meniru dunia nyata sejak usia dini. Mulai dari truk hingga peralatan dapur, beragam jenis mainan anak tersedia di pasaran. Akan tetapi, sebagai orang tua, kita perlu memastikan bahwa jenis mainan yang diperkenalkan sesuai dengan usia buah hati. Kali ini, kita mengulik jenis mainan yang sesuai untuk anak usia tiga tahun.

1. Set Aktivitas Mewarnai

Berikanlah anak Anda set aktivitas mewarnai yang mencakup pensil warna, gambar-gambar yang bisa diwarnai, dan peralatan tulis lainnya. Mulailah dengan set kecil, lalu sesuai minat anak, Anda bisa memberikan lebih banyak. Pilihlah krayon atau pena daripada cat untuk memudahkan beberes nantinya. Dan, tentunya dampingi anak saat mewarnai sambil menjelaskan atau bercerita gambar yang diwarnainya.

2. Mainan Balok Konstruksi

Mainan balok sederhana adalah pilihan yang sangat baik untuk balita Anda. Ajarkan anak menyusunnya satu demi satu dan membentuk menara tinggi. Kegiatan ini merangsang kreativitas, keterampilan motorik halus, dan perkembangan kognitif saat anak-anak merangkai, menyusun, dan menciptakan struktur yang berbeda.

3. Playdough

Playdough berguna untuk mengajarkan berbagai bentuk dan ukuran kepada anak. Playdough mudah dibentuk menjadi berbagai wujud yang diinginkan. Bahan-bahan ini merangsang eksplorasi sensori dan keterampilan motorik halus saat anak-anak membentuk dan membentuknya.

4. Mainan Alat Musik

Kenalkan anak Anda pada mainan alat musik dan doronglah mereka untuk bermain. Alat musik seperti tamburin, drum, dan xilofon memungkinkan anak-anak menjelajahi irama dan suara. Mainan yang mengeluarkan suara saat ditekan atau digoyangkan membantu eksplorasi sensori.

5. Mainan Bermain Peran

Ini adalah salah satu jenis mainan yang paling umum tersedia di pasaran untuk anak-anak dan mungkin menjadi yang paling populer di antara jenis mainan tersebut selama beberapa generasi. Mainan bermain peran seperti peralatan dapur, set dokter, atau set perkakas mendorong permainan peran yang penuh imajinasi.

6. Boneka Hewan

Anak-anak gemar dengan boneka beruang! Mainan ini memperkenalkan anak-anak pada dunia hewan dan mengajarkan tentang berbagai jenis spesies yang ada di dunia. Beragam variasi boneka hewan tersedia di pasaran. Mereka empuk dan lembut serta mudah dipegang oleh anak-anak.

Untuk menyegarkan ingatan kita, ketika membeli mainan anak, pastikan untuk memilih mainan yang sesuai dengan usia, tahan lama, dan terbuat dari bahan yang aman (non-toxic). Pilih mainan yang dapat dicuci. Pastikan mainan berukuran lebih besar dan ringan untuk dibawa, karena anak-anak cenderung mainannya ke mana pun pergi. Dan, selalu pantau anak Anda ketika mereka bermain dengan mainan mereka.

Pilihan Editor: 4 Cara Membersihkan Mainan Anak sesuai Bahannya

IVANA FELYSITASWATI PALLA | THE TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."