4 Cara Membersihkan Mainan Anak sesuai Bahannya

Ilustrasi anak bermain mainan atraktif bersama ibunya. shutterstock.com

kesehatan

4 Cara Membersihkan Mainan Anak sesuai Bahannya

Rabu, 1 April 2020 08:50 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Di tengah pandemi virus corona baru atau COVID-19, banyak orang kian memperhatikan segala kebersihan benda-benda di sekitarnya. Salah satu perhatian utama orang tua adalah kebersihan mainan anak. Selain membersihkan mainan dengan cara yang biasa, kini ditambah dengan mendisinfeksi atau membersihkan memakai disinfektan.

"Jika Anda membersihkan mainan, Anda hanya menyekanya dengan air biasa atau air dan sabun,” kata Melissa Maker dari Clean My Space seperti dilansir dari laman Purewow.

Cara yang dipilihnya dengan membasahi kain mikrofiber dan cukup bersihkan mainan atau benda tersebut. Hal itu akan menghilangkan sejumlah besar kuman, kotoran, dan residu lainnya. Sementara itu, disinfeksi berarti menggunakan disinfektan untuk membunuh kuman dan virus.

Beberapa ahli merekomendasikan untuk membersihkan mainan sebulan sekali, tetapi Melissa Maker mengatakan tidak perlu khawatir dengan jadwal yang teratur. "Secara umum, jika anak-anak Anda sehat, saya akan mengatakan mainan tidak bersih ketika mereka terlihat kotor," jelasnya.

Alasannya adalah bahwa banyak kuman di ruang bermain anak-anak Anda sebenarnya cukup tidak berbahaya atau bahkan baik bagi untuk membantu membangun sistem kekebalan tubuh mereka.

"Jika anak Anda bermain dengan temannya, Anda bisa membersihkan mainan usai mereka bermain," lanjutnya.

Bila mainan anak terkena muntah atau kotoran, bersihkan dulu seperti biasa, baru menggunakan disenfektan. Sebab pemakaian disinfektan tak membersihkan jenis kotoran tersebut.

Berikut cara mendisenfeksi sesuai jenis bahan mainannya

1. Mainan bahan plastik

Bahan untuk membersihkan mainan plastik bisa dengan menggunakan campuran dua gelas air dan setengah sendok teh sabun cuci piring. “Sabun dan air sangat bagus untuk menghilangkan bakteri — bukan segalanya, tetapi akan banyak menghilangkannya,” tuturnya. 

Untuk mendisinfeksi mainan plastik, gunakan disinfektan terdaftar BPOM. “Saya sarankan menyemprotkan atau menyeka disinfektan ke mainan dan mendiamkan selama 3 sampai 5 menit atau waktu yang disarankan di panduan membersihkan mainan. Lalu bersihkan dan bilas, karena mainan itu mungkin akan kembali ke mulut anak-anak Anda,” jelasnya.  

2. Mainan bahan kayu

Saat membersihkan mainan bahan kayu dipernis, maka Anda harus menggunakan disinfektan. Jika tidak, bersihkan perlahan permukaan dengan kain microfiber yang basah untuk menghilangkan kotoran atau minyak.

3.  Mainan mewah

Baca label pembersih kain — beberapa boneka binatang tanpa baterai dapat dicuci di mesin cuci, kemudian dikeringkan. Jika tidak, Anda dapat membersihkannya dengan kain lembap dengan air biasa atau sabun. Jika mainan itu tidak bisa dicuci dengan mesin tetapi Anda memiliki pembersih uap, Anda dapat menggunakan alat itu untuk membersihkan. Setelah itu, jangan lupa dilap pakai kain bersih. 

4.  Mainan di kamar mandi

Untuk mainan di kamar mandi, bekas buih sabun menjadi perhatian penting untuk menjaga kebersihan. Pastikan untuk mengeringkan usai digunakan. Anda bisa menggantung kantong dengan cangkir isap dan letakkan mainan di sana sampai benar-benar kering.

Melissa Maker menyarankan untuk membuang saat terlihat kotor, sebab jenis mainan di kamar mandi sulit dibersihkan dengan benar.

YUNIA PRATIWI