5 Keterampilan yang Perlu Diajarkan pada Anak 1 Tahun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi balita. Shutterstock

Ilustrasi balita. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagai orang tua baru, Anda mungkin merasa bingung bagaimana menghadapi berbagai situasi, terutama saat anak tumbuh dan berkembang. Bicara soal anak 1 tahun atau 12 bulan, tingkat pertumbuhan dan pembelajarannya akan meningkat pesat dari sejak lahir.

"Antara 12 bulan dan 2 tahun, anak-anak mulai melakukan sesuatu sendiri, melihat sebab dan akibat, dan secara aktif terlibat dengan orang lain di lingkungan mereka," kata Robert Myers, psikolog anak dan remaja, seperti dikutip dari Times of India, pada Senin, 13 Maret 2023.

Sebagai orang tua, beberapa aktivitas dan tujuan sederhana dapat membantu Anda membantu dan mendorong pertumbuhan dan perkembangan mereka ke arah yang benar. Berikut adalah beberapa hal penting untuk difokuskan.

1. Keterampilan Bahasa dan Komunikasi

Anak 1 tahun akan dengan cepat belajar dan mencari cara untuk berkomunikasi. Mereka juga akan berada dalam proses memahami bahasa.

Pada usia 15 bulan, sebagian besar anak mengucapkan kata pertama mereka dan menunjuk ke sana kemari untuk meminta sesuatu atau mendapatkan bantuan. Anda bisa mulai dengan mengajarkan bahasa isyarat bayi sederhana untuk kata-kata umum.

Untuk membantu mereka menguasai bahasa, ajari mereka kata-kata sederhana, seperti benda-benda di sekitar rumah. Anda bisa mengatakan "Saya punya bola!" atau "Maukah kamu makan pisang?"

2. Keterampilan Motorik Halus

Koordinasi tangan-mata dan keterampilan motorik halus terus meningkat seiring pertumbuhan anak Anda. Si kecil akan senang memegang krayon dan pulpen lalu mencoret-coretnya di media mana pun. Pilih mainan yang sesuai usia untuk mereka jelajahi, seperti balok kayu dan papan pasak.

3. Keterampilan Sosial

Di usia satu tahun, anak mungkin tidak seinteraktif bermain seperti anak-anak yang lebih besar. Anda dapat mengatur bermain bersama bayi lain atau playdate, sehingga meningkatkan keterampilan sosial mereka.

Umumnya, anak satu tahun akan bersosialisasi dengan meniru Anda atau orang lain di sekitarnya. Ini bisa menjadi cara yang bagus bagi Anda untuk mencontohkan perilaku yang baik.

4. Keterampilan Mengenal Alam

Perkenalkan anak 1 tahun pada dunia, jangan terus-terusan mengurung mereka di dalam rumah.

Anda dapat mengajak mereka ke taman di sekitar rumah Anda dan membiarkan mereka mengamati pepohonan, rerumputan, orang lain, dan sejuta hal lain yang terlihat. Anda juga dapat membawanya ke rumah orang lain untuk berpindah tempat.

5. Aktivitas Sensorik

Aktivitas sensorik memungkinkan anak 1 tahun untuk mengeksplorasi dan memahami berbagai hal menggunakan inderanya. Ini akan memupuk imajinasi dan pertumbuhan mental mereka. Beberapa ide menyenangkan termasuk memeras air dari spons, lalu memasukkannya ke dalam mangkuk atau bermain dengan alat musik patut dicoba.

Pilihan Editor: Agar Anak Tumbuh Sehat, Orang Tua Bisa Lakukan 5 Cara Ini

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."