Mata Bengkak setelah Bangun Tidur, Penyebab dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita menunjukkan kantung mata. Freepik.com/@8photo

Ilustrasi wanita menunjukkan kantung mata. Freepik.com/@8photo

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mata bengkak setelah bangun tidur merupakan hal biasa. Kurang tidur, genetika, dan dehidrasi, bahkan diet bisa menjadi faktor penyebabnya. Meski terkenal sulit diatasi, ada harapan untuk mencegah semua itu terjadi. 

Rachel Lee Lozina, ahli kecantikan Berlisensi New York, mengungkap beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah mata bengkak.

Selain penyebab yang disebutkan di atas, Lozina mengatakan bahwa alergi dapat menyebabkan peradangan di daerah mata. Mengomsumsi antihistamin selalu jadi pilihan tindakan pertama. Selain itu, Lozina menyarankan melakukan teknik pendinginan seperti ice globes, sendok dingin, atau kantong teh hijau yang didinginkan.

Masker mata juga efektif mengurangi mata bengkak, begitu juga dengan krim mata selama mengandung bahan yang tepat yang dapat menghilangkan mata bengkak dan menenangkan mata yang tampak lelah.

Gaya hidup seperti sering mengkomsumsi alkohol, merokok, dan obat resep juga dapat menyebabkan sirkulasi di area mata buruk dan menyebabkan kulit di sekitarnya menjadi gelap. Untuk mengatasinya, Lozina menyarankan menggunakan micro-needling roller atau ice roller untuk menstimulasi kolagen. Kolagen akan membantu membangun kembali struktur area mata, memastikan kulit lebih tebal dan penampilan lebih sehat.

Kurangi konsumsi garam atau natrium karena menyebabkan retensi air dan akhirnya membuat kulit di area mata jadi bengkak. Begitu juga dengan alkohol dan kafein, bisa menyebabkan dehidrasi dan membuat tubuh menahan air yang menyebabkan bengkak. 

Cara mengatasi mata bengkak setelah bangun tidur:

1. Tidur dengan Bantal yang Ditinggikan

"Tidur dengan kepala sedikit terangkat dapat mencegah cairan limfatik menggenang di area mata," kata Lozina. Tidur telentang dengan bantal yang ditinggikan juga dapat membantu proses alami gerakan bebas cairan.

2. Melakukan Perawatan Gua Sha

"Gua sha membantu mengeringkan kelenjar getah bening,” kata Lozina. "Gunakan alat gua sha yang terbuat dari giok, kuarsa mawa, atau batu bertepi halus lainnya dan minyak wajah atau serum pilihan Anda."

Minyak wajah atau face oil mengurangi gesekan dan memungkinkan alat gua sha meluncur dengan lembut di atas kulit. Cara terbaik untuk menggunakan gua sha adalah mulai dari pangkal leher dan gerakkan perangkat dengan lembut ke arah rahang dengan gerakan ke atas. Tekan perlahan dan pegang alat dengan lembut namun kuat. Ulangi ini 5-10 kali. 

Pilihan Editor: Hindari Mata Bengkak, Ini Tips Perawatan Kulit Setelah Menangis

DWI NUR AZIZAH |MILA NOVITA | SHE FINDS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."