Polusi Udara Jakarta, Tasya Kamila: Kalau Ditotal Shanin Batuk Satu Setengah Bulan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Tasya Kamila ditemui di Jakarta Barat,  Jumat, 25 Agustus 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Tasya Kamila ditemui di Jakarta Barat, Jumat, 25 Agustus 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dampak polusi udara Jakarta yang semakin memburuk belakangan ini dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di ibu kota termasuk artis Tasya Kamila beserta kedua buah hatinya yang termasuk rentan. Tasya mengaku dia dan anak-anaknya alami sakit setelah tiga minggu di Jakarta sepulang dari Amerika pada Juni silam untuk mengunjungi suami, Randi Bachtiar, yang bekerja di sana.

Menurut Tasya, anak sulungnya, Arrasya Wardhana Bachtiar (4 tahun), alami batuk pilek, sementara putrinya Shafanina Wardhana Bachtiar (7 bulan) sakit batuk hingga lebih dari satu bulan.

"Trus tiga minggu di Jakarta, anak aku Shanin (sapaan akrab Shafanina) sakit batuk sampai satu bulan, Arr juga batuk pilek sekitar dua minggu. Dan, itu ga ada demam. Kalau infeksi virus kan disertai demam," ujar Tasya Kamila ditemui di Jakarta Barat, Jumat, 26 Agustus 2023.

"(berobat) k dokter tiga sampai empat kali. Dokternya sampai bilang, 'bu kayaknya ibu harus healing (liburan keluar kota)'. Soalnya ini bukan imunitas lagi, tapi anak-anak ibu alergi, apalagi ada debu polusi dengan kondisi sekarang," sambung perempuan 30 tahun itu dengan suara seraknya.

Tasya Kamila dan anak keduanya, Shafanina Wardhana Bachtiar. Foto: Mamypoko

Selain serak, di momen itu, Tasya juga terlihat batuk beberapa kali. Tasya juga mengatakan saat dia berobat ke dokter spesialis telinga, hidung, tenggorokan, antrean pasien cukup panjang.

"Kemarin aku ke dokter THT ngantre banget, itu karena memang sebegitu berdampaknya polusi dan udara yang kotor di jakarta, tempat aku tinggal, terhadap kesehatan kita terutama anak-anak," tutur pelantun Libur Telah Tiba itu.

"Shanin itu sebulan sakit, sembuhnya cuma seminggu. Kalau ditotal batuknya satu setengah bulan," jelasnya.

Meski dokter merekomendasikan untuk healing ke luar Jakarta, Tasya belum bisa mewujudkannya dalam waktu dekat ini karena jadwal pekerjaan yang padat dan kegiatan sekolah Arrasya. Oleh karena itu, dia berusaha lebih banyak berkegiatan di dalam ruangan dan menggunakan pemurni udara atau air purifier di dalam rumah.

"Jadi yaudah di rumah pake air purifier. Dari segi makanan, konsumsi yang sehat dan baik untuk tubuh dijaga supaya tidak terkena penyakit lainnya. Dijaga kebersihan dan kenyamanan anak," tuturnya.

Pilihan Editor: Tips Memberi Nutrisi untuk Anak ala Tasya Kamila, Perhatikan Asupan Gula

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."