Ketahui Penyebab Kerutan di Kelopak Mata dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kerutan kelopak mata. Pexels/Shiny Diamond

Ilustrasi kerutan kelopak mata. Pexels/Shiny Diamond

IKLAN

Kandungan Terbaik untuk Kerutan di Kelopak Mata

Banyak bahan perawatan kulit yang Anda gunakan pada bagian wajah juga bekerja dengan baik pada kelopak mata.  Yang membedakan adalah dalam produk untuk area mata dalam konsentrasi yang lebih rendah, menurut Dr. Frank.

Beberapa kandungan produk mata di bawah ini bisa membantu mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan serta membuat kelopak mata tampak lebih montok (beberapa di antaranya lebih lanjut).

- Retinoid topikal untuk membantu membangun kembali kolagen dan elastin seiring waktu, meningkatkan pergantian sel.

- Vitamin C untuk melindungi terhadap photoaging dan hiperpigmentasi.

- Peptida untuk meningkatkan produksi kolagen.

- Humektan yaitu gliserin dan asam hialuronat untuk memperkuat pelindung kulit.

- Emolien yaitu ceramide dan dimethicone untuk mengunci kelembapan.

- Antioksidan untuk melindungi dari radikal bebas dan pemicu stres lingkungan, seperti polusi.

Risiko Mengatasi Kerutan Kelopak Mata dengan Produk tanpa Resep

Mengingat kulit di sekitar mata tipis dan rentan terhadap peningkatan penyerapan dan iritasi, dokter Kobets merekomendasikan untuk menghindari produk yang memiliki pewangi atau retinoid atau vitamin C konsentrasi tinggi.

Dia juga memperingatkan agar tidak menggunakan bahan-bahan keras ini jika pelindung kulit terganggu, atau jika Anda menderita eksim atau dermatitis aktif.

“Mengenai vitamin C, yang dapat mengiritasi karena pH rendah, mungkin lebih baik memulai dengan turunan vitamin C, seperti askorbat tetrahexyldecyl. Selain itu, saya sangat menyarankan untuk menghindari bahan kimia SPF, seperti avobenzone dan oxybenzone, yang dapat menyebabkan alergi, dan juga mungkin pengganggu hormonal pada kulit. Ini juga cenderung membuat mata terasa panas saat berkeringat,” tuturnya.

Juga, hindari pelepasan formaldehida (yang dapat muncul pada label bahan dengan berbagai nama) karena dapat menyebabkan iritasi. Jauhi pula pengelupasan fisik dan produk apa pun dengan partikel yang dapat menggores kelopak mata atau masuk ke mata karena bisa menyebabkan kerusakan mata.

Pilihan Editor: 10 Cara Menjaga Kesehatan Mata secara Alami

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."