Ketahui Penyebab Kerutan di Kelopak Mata dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kerutan kelopak mata. Pexels/Shiny Diamond

Ilustrasi kerutan kelopak mata. Pexels/Shiny Diamond

IKLAN

Cara Mengatasi Kerutan di Kelopak Mata

1. Bersikap Lembut

“Saat membersihkan atau menyentuh mata, pastikan hanya menggunakan tekanan yang sangat ringan, dan hindari menggosok atau menarik-narik area mata yang halus,” kata Dr. Engleman.

2. Pilih Produk yang Lembut dan Bebas Pewangi

Karena kulit kelopak mata jauh lebih tipis dan lebih halus, memilih produk yang meminimalkan iritasi adalah kuncinya. Carilah keterangan bebas pewangi di label produk.

3. Pakai Krim Mata

“Krim mata adalah cara yang bagus dan mudah untuk memberikan perhatian dan perawatan ekstra pada kelopak mata. Krim mata melembapkan kulit, membantu merangsang kolagen, mengurangi garis-garis halus, dan memperbaiki lingkaran hitam,” kata Dr. Engleman. 

4. Gunakan Scrub Kelopak Mata yang Lembut

Lulur kelopak mata bukanlah pengelupasan fisik sehari-hari yang Anda gunakan untuk menghilangkan sel kulit mati dan penumpukan lainnya di bagian wajah Anda yang lain.

“Lulur kelopak mata lebih seperti pembersih yang membersihkan dan menenangkan kulit Anda, terutama bila ada iritasi dan pembengkakan," kata Dr. Engleman. Manfaat lainnya adalah menahan pembentukan kerutan.

Meskipun bermanfaat untuk merawat kerutan kelopak mata, dokter Engleman memperingatkan bahwa penggunaan scrub yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.

5. Pakai Tabir Surya Setiap Hari

Memakai tabir surya ke dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda sangat penting termasukmencegah pembentukan kerutan di masa depan.

6. Mengobati Masalah Kulit

Dr. Kobets menekankan pentingnya mengobati kontak alergi atau dermatitis kontak iritan di area kelopak mata sebelum mencoba mengurangi kerutan. Masalah mendasar ini dapat melemahkan penghalang kulit, dan membuat kulit Anda sangat sulit untuk menoleransi perawatan kerut topikal.

7. Coba Perangkat Terapi LED di Rumah

“Perangkat lampu merah LED di rumah dapat menjadi pengobatan yang berguna dan berisiko rendah yang dapat dilakukan selama 10 hingga 20 menit selama tiga kali seminggu atau sesuai dengan rekomendasi perangkat," kata Dr. Kobets.

"Saya merekomendasikan untuk menggunakan perusahaan yang ditinjau oleh rekan sejawat dan memiliki ilmu pengetahuan yang baik di baliknya," lanjutnya.

8. Pijat Drainase Limfatik

“Perangkat rol apa pun yang akan meningkatkan drainase limfatik atau drainase vaskular di area tersebut akan membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan [di sekitar mata],” kata Paul Jarrod Frank, ahli dermatologi kosmetik selebriti dan pemilik PFRANKMD di New York, Amerika

Kobets menambahkan bahwa meskipun giok rol dan pemijat Gua Sha menawarkan manfaat untuk area mata, mereka tidak akan segera membantu dengan garis-garis halus dan kerutan di sekitar mata, tetapi akan meningkatkan kesehatan jangka panjang kulit di sekitar area tersebut dengan meningkatkan sirkulasi. .

9. Perawatan Lain

Selain perawatan di rumah dan perubahan gaya hidup yang tercantum di atas, Dr. Kobets memuji penggunaan neuromodulator dosis rendah seperti Dysport atau Botox untuk mencegah pendalaman kerutan dan garis halus akibat gerakan kelopak mata yang berlebihan.

“Saya akan mengatakan bahwa perawatan neuromodulator pencegahan awal dengan Dysport dan Botox, rutinitas perawatan kulit lembut yang tidak menyebabkan iritasi dan perawatan pencegahan seperti perangkat LED di rumah dan pengelupasan kimia dan laser di klinik, semuanya bekerja sama untuk menjaga kulit di sekitar mata,” ungkapnya.

Di halaman berikutnya, dokter memaparkan kandungan apa saja yang bisa atasi kerutan di kelopak mata.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."