Ketahui Penyebab Kerutan di Kelopak Mata dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kerutan kelopak mata. Pexels/Shiny Diamond

Ilustrasi kerutan kelopak mata. Pexels/Shiny Diamond

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah Anda, beragam gerakan yang dilakukan kelopak mata setiap hari dan selama bertahun-tahun seperti berkedip atau membuka dan menutup saat Anda berbicara secara ekspresif bisa memicu kerutan di kelopak mata. Selain itu, gerakan menggosok kelopak mata saat menghapus riasan juga bisa menyebabkan kerutan jangka panjang yang sangat sulit untuk dihilangkan jika tidak ditangani sejak dini. Mengapa demikian? Perlu kita ketahui dulu, secara keseluruhan kulit di area mata, termasuk kelopak mata, 40 persen lebih tipis dibandingkan kulit wajah lainnya, yang berarti jauh lebih halus dibandingkan area kulit lainnya.

"Itulah sebabnya seiring bertambahnya usia, kulit di sekitar mata Anda bisa kendur dan timbul kerutan karena area sensitif tersebut telah mengalami kerusakan selama bertahun-tahun,” jelas Dendy Engleman, dokter kulit kosmetik bersertifikat dan Ahli bedah Mohs di Klinik Shafer di New York, Amerika Serikat, dikutip dari laman Well+Good, Selasa, 22 Agustus 2023.

Menurut dokter Engleman, salah satu masalah dalam merawat kerutan di kelopak mata adalah seseorang menyadari kerutan tersebut sudah statis, yang berarti kerutan tersebut menetap di sana tanpa kelopak mata bergerak, menurut Kseniya Kobets, dokter medis sekaligus Director of Cosmetic Dermatology, Montefiore Advanced Care di Westchester, New York.

"Kerutan dinamis adalah kerutan yang muncul saat seseorang tersenyum atau menyipitkan mata tetapi tidak menetap seperti kerutan statis, yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk melakukannya," jelas dokter Kobets.

Lantas, apa saja penyebab kerutan di kelopak mata dan cara mengatasinya? Yuk, kita telusuri bersama.

Penyebab Kerutan di Kelopak Mata

1. Gerakan Kelopak Mata secara Alami

Seperti yang telah Anda ketahui, terdapat gerakan terus menerus di area mata yang tidak dapat dihentikan sepenuhnya, jelas Dr. Kobets. Pertimbangkan berapa kali Anda berkedip dalam sehari, sehingga kerutan di kelopak mata hampir tidak dapat dihindari tanpa perawatan yang tepat.

2. Produksi Kolagen Menurun Seiring Pertambahan Usia

“Seiring bertambahnya usia, tubuh kita secara alami menghasilkan lebih sedikit kolagen,” kata Dr. Engleman. Kolagen adalah protein yang bertanggung jawab untuk elastisitas dan hidrasi kulit, sehingga ketika kadar kolagen kita menurun, kulit menjadi keriput karena menjadi lebih tipis dan kurang elastis. 

Kobets mencatat bahwa produksi kolagen tidak hanya mulai menurun di usia 20-an kita (pada tingkat 1 persen per tahun), tetapi penurunan estrogen karena menopause menurunkan produksi kolagen lebih banyak lagi.

3. Paparan Sinar Matahari

Berada di bawah sinar matahari dapat menyebabkan kerutan di area tubuh mana saja termasuk kelopak mata.

“Paparan sinar matahari yang berlebihan menyebabkan perubahan pada kulit kita," kata Dr. Engleman. "Secara khusus, sinar ultraviolet merusak serat elastis yang menjaga kekencangan kulit; dengan akumulasi paparan sinar matahari dari waktu ke waktu, kerutan berkembang."

4. Menggosok atau Menarik Kelopak Mata

“Terlalu agresif dengan mata, apakah itu menggosok, menarik, atau menekan, dapat meregangkan kulit di sekitar mata dan menyebabkan tanda penuaan dini, seperti kerutan,” kata Dr. Engleman.

Semua tarikan dan gosokan ini terjadi saat kita menggaruk atau menggosok mata, tidak mengoleskan krim mata dengan benar, dan juga saat kita menggosok riasan mata kita. Intinya, tidak bersikap lembut pada area ini dapat melemahkan kulit sehingga lebih rentan terhadap kerutan.

5. Kelopak Mata Kering 

Kulit kering atau dehidrasi memperburuk kerutan di seluruh tubuh, tidak terkecuali kelopak mata.

“Menjaga kelopak mata tetap terhidrasi membantu menjaga kesehatan pelindung kulit. Penghalang kulit berfungsi untuk melawan agresor eksternal, seperti kerusakan akibat sinar matahari, dan memiliki perlindungan terhadap hal-hal ini dapat mencegah atau memperpanjang timbulnya kerutan. Saat kulit di sekitar mata Anda kering, biasanya kulitnya menjadi lebih lemah, sehingga lebih rentan terhadap kerusakan,” kata Dr. Engleman.

6. Merokok dan Paparan Polusi

Baik itu kebiasaan buruk yang dapat dihindari, seperti merokok, atau polusi lingkungan yang tidak dapat dihindari, kulit kelopak mata yang berulang kali bersentuhan dengan keduanya dalam jangka waktu tertentu dapat menyebabkan kerutan.

Simak cara mengatasi kerutan di kelopak mata di halaman selanjutnya, Sahabat Cantika.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."