5 Tanaman Hias yang Bisa Tangkal Polusi Udara di Dalam Rumah, Ada Lidah Mertua

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Cantika.com

google-image
Ilustrasi Tanaman Indoor/Canva

Ilustrasi Tanaman Indoor/Canva

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaPolusi udara di Jakarta terus menjadi sorotan, karena masuk dalam kategori 'tidak sehat' berdasarkan indeks kualitas udara IQAir hari ini, Selasa (15/8/2023). Diketahui, indeks kualitas udara Jakarta saat ini menyentuh 174 AQ US dengan polutan utama PM2,5. Lebih lanjut, jumlah polutan PM2,5 per meter kubik mencapai 99,33 mikro gram.

Menanggapi hal tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut akan menerapkan kembali kebijakan work from home (WFH) dan hybrid bagi pegawai negeri sipil (PNS), guna mengurangi polusi udara di Jakarta akibat maraknya lalu lintas kendaraan, seperti dikutip dari Tempo.co. Meski demikian, bekerja dari rumah tidak menjamin kita terbebas dari polutan, lho.

Merangkum dari NDTV, dalam laporan World Health Organisation (WHO), 4,3 juta orang di seluruh dunia meninggal karena kualitas udara yang buruk di dalam rumah. Setidaknya 3,8 juta kematian dini terjadi tiap tahun akibat penyakit jantung iskemik, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan kanker paru-paru yang disebabkan paparan polusi udara rumah tangga.

Kabar baiknya, kita bisa memerangi polusi udara di dalam rumah dengan meletakkan lima tanaman di bawah ini, yuk simak!

1. Lidah Buaya

Lidah buaya dapat menyaring formadehida dan benzena yang bersarang di karpet rumah. Selain itu, tumbuhan ini hanya memerlukan sedikit air untuk perawatannya. Kita bisa meletakkan lidah buaya di area ruang tamu atau di dekat jendela rumah tanpa banyak melakukan perawatan khusus.

2. Spider Plant

Spider plant atau tanaman laba-laba mampu melawan partikel karbon monoksida, formaldehida, hingga deterjen yang berasal dari furnitur, tiner atau cat. Tanaman yang berasal dari afrika tropis dan selatan ini tidak membutuhkan sinar matahari langsung, sehingga memudahkan kita ketika merawatnya. Kamu bisa menyimpannya di ruangan rumah atau di koridor kantor ya. 

3. Lidah Mertua

Lidah mertua atau snake plant dikenal memiliki banyak keunggulan, karena dapat menyaring formaldehyde, trichloroethylene, xylene, toluene, dan benzene dari udara. Tanaman ini juga menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen di malam hari. 

4. Bamboo Plant

Bamboo plant merupakan tanaman hias indoor mini terbaik untuk menyaring partikel benzene, formaldehyde, trichloroethylene, xylene, dan toluene. Selain cantik tanaman yang termasuk yang dikenal sebagai Bambu Keberuntungan ini bisa menangkal polusi di rumah. Kamu bisa meletakkan bamboo plant di meja atau samping tempat tidur ya.

5. Warneck Dracaena

Meski terdengar asing, namun kamu pasti melihat warneck dracaena di area kantor. Pasalnya, tanaman ini mampu memerangi polutan yang berasal dari cat, deterjen, pernis dan minyak. Lebih lanjut, warneck dracaena juga tak membutuhkan sinar matahari langsung dan bisa tumbuh hingga 12 kaki dengan suhu ruang.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."