Walau Work From Home, Ini Tips Agar Meja Kerja Tetap Rapi

Ilustrasi Meja Rapi dan Bersih/Ikea

ragam

Walau Work From Home, Ini Tips Agar Meja Kerja Tetap Rapi

Selasa, 1 Maret 2022 14:40 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejak kasus Omicron meningkat, sebagian pekerja kantoran kembali menerapkan bekerja di rumah. Untuk meningkatkan suasana hati agar lebih produktif, diperlukan meja kerja yang nyaman. Berdasarkan survey dari EY yang bertajuk "Majority of surveyed Southeast Asia (SEA) employees prefer not to return to pre-COVID-19 ways of working", terbukti bahwa bekerja di luar lingkungan kantor membantu meningkatkan produktivitas dan kinerja para pegawai di Indonesia.

Untuk menunjang kegiatan bekerja dari rumah menjadi lebih baik lagi, sering kali mayoritas berpikir agar tetap fokus dan meminimalisir rasa jenuh saat bekerja adalah dengan membangun pola pikir positif, membutuhkan motivasi ekstra, dan sebagainya.

Akan tetapi, ada faktor eksternal yang ternyata bisa meningkatkan suasana hati dan kinerja dalam bekerja, salah satunya adalah dengan menata ulang meja kerja kamu agar semakin nyaman.

Meja kerja yang tertata dengan rapi akan membantu lebih fokus saat bekerja karena Anda tidak akan terdistraksi dengan barang-barang yang berserakan di area kerja. Menata ulang meja kerja tidak harus selalu mahal. Berikut adalah beberapa rekomendasi aksesoris meja kerja minimalis dari IKEA yang berkualitas dan terjangkau yang akan membuat meja kerja terlihat rapi estetik.

1. Lampu kerjaAgar kesehatan visual dan kondisi mata tetap terjaga selama bekerja di rumah, lampu kerja merupakan barang wajib yang harus dimiliki di meja kerja. Pencahayaan yang baik memainkan peranan penting dalam meningkatkan produktivitas karena dapat membantu meningkatkan fokus. Tak hanya itu, pencahayaan yang baik, dapat membantu membangun suasana (mood) rileks saat banyak tekanan yang menerpa kala bekerja.

2. Kotak suratMenyusun barang sesuai dengan kategori akan membantu meja tetap tertata dengan baik dan tidak ada waktu yang terbuang dengan sia-sia karena harus mencari keperluan untuk menunjang kegiatan bekerja di rumah.

Supaya bisa lebih fokus bekerja, Anda bisa menggunakan wadah atau kotak surat untuk menata keperluan kantor. Dengan meja kerja yang rapi dan bersih, pastinya energi positif akan berdatangan ke area kerja.

3. Papan berlubangMenatap dinding kosong saat bekerja bisa membuat merasa bosan dan suasana meja kerja akan terasa monoton. Oleh karena itu, untuk menciptakan keindahan, Ansa bisa memberikan sentuhan dekorasi yang selaras dengan personaliti untuk meningkatkan semangat kerja.

4. Alas laptopBekerja dari rumah artinya Anda diharuskan untuk fokus dan duduk seharian di depan layar laptop. Tak jarang, setelah jam kerja usai, Anda pasti merasakan pegal-pegal di daerah leher dan bahu. Dengan adanya alas yang menopang laptop kamu pada ketinggian yang lebih nyaman, pastinya akan mengurangi ketegangan pada leher dan bahu agar postur tubuh juga menjadi lebih rileks.

5. Alas mejaJika sudah bosan dengan warna meja kerja yang dimiliki saat ini, daripada membeli meja baru, Anda bisa menggunakan alas meja dengan motif polos dan meningkatkan kesan estetik. Aksesoris ini akan membantu untuk menjadi pelindung bagian atas meja agar tidak cepat kotor dan tergores. Meskipun sifatnya aksesoris, produk-produk di atas bisa membantu Anda menata meja dan area kerja lebih baik sekaligus tampak menarik sehingga membantu meningkatkan produktivitas.

Baca: 5 Tips Menata Ruang Kerja Sesuai Feng Shui, Coba Pakai 5 Elemen