Boleh Pijat Pasien Skoliosis, Asal...

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Skoliosis

Skoliosis

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak masyarakat yang bertanya apakah pasien skoliosis boleh dipijat. Maklum, beberapa beranggapan bahwa dengan memijat punggung pasien skoliosis, sakitnya akan semakin parah. Dokter spesialis ortopedi konsultan tulang belakang lulusan Universitas Indonesia Widyastuti Srie Utami mengatakan pijat dibolehkan untuk pasien skoliosis karena tidak membuat kondisinya menjadi lebih parah. "Pijat boleh saja, membuat otot lebih rileks. Pijat yang wajar, jangan yang berlebihan," kata dia di Jakarta, Senin 21 Agustus 2023.

Skoliosis merupakan kondisi melengkungnya tulang belakang secara tidak normal ke arah samping dan ini kerap dialami oleh anak-anak usia pra pubertas serta perempuan, namun tanpa diketahui penyebabnya atau idiopatik. Skoliosis bisa menyebabkan pegal pada punggung, kelainan bentuk yang terlihat dan gangguan pernapasan akibat kelainan tulang rusuk.

Widyastuti yang berpraktik di Jakarta Spine Clinic RS Pondok Indah – Pondok Indah itu mengatakan, apabila pasien ingin mencoba perawatan berupa pijatan pada punggung maka sebaiknya dipastikan pijatan yang didapatkan tidak memakai energi yang berlebihan demi mencegah cedera. Ini karena tulang belakang merupakan rumah saraf dan salah satu fungsi terpenting tulang belakang yakni melindungi saraf di belakangnya.

"Kalau yang memperbaiki lengkungan hanya operasi (untuk derajat besar), bahkan brace tidak, olahraga tidak," tutur Widyastuti.

Dia mengingatkan keluhan skoliosis umumnya hanya pegal pada punggung. Sementara keluhan seperti nyeri yang menjalar ke kaki, kesemutan atau kebas ke arah kaki seringkali bukan skoliosis.

Mereka yang terus menerus merasa pegal disarankan segera berkonsultasi pada dokter karena pada prinsipnya keluhan pada tulang belakang dan juga semua organ tubuh lainnya apabila semakin cepat mendapatkan diagnosis maka bisa semakin dini diterapi.

Widyastuti kemudian mengatakan tidak semua kasus skoliosis harus ditangani dengan operasi. Hanya skoliosis derajat berat yang perlu mendapatkan tindakan operasi. Derajat skoliosis dikatakan berat bila kelengkungan sudut tulang belakang (sudut Cobb) lebih dari 45 derajat, sementara dikatakan ringan bila di bawah 20. "Kami saat mau melakukan tindakan itu selalu mempertimbangkan lebih besar manfaat atau mudaratnya. Kalau sekedar renang seminggu dua kali sudah lebih baik kenapa harus operasi," kata dia.

Pilihan Editor: Fujianti Utami Putri Mengidap Skoliosis, Ketahui Penyebab dan Gejala Awalnya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."