8 Rutinitas Pagi untuk Menjaga Kesehatan Usus

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan konsumsi greek yoghurt. Foto: Freepik.com/Pressfoto

Ilustrasi perempuan konsumsi greek yoghurt. Foto: Freepik.com/Pressfoto

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaUsus yang sehat dimulai dengan rutinitas pagi yang baik. Kebiasaan seperti sarapan berserat tinggi, rutin olahraga, dan minum kopi atau teh dapat membantu Anda menjaga kesehatan sistem pencernaan, menurut Samantha Cassetty, ahli diet terdaftar dan penasihat nutrisi untuk Siggi's. Berikut ini delapan rutinitas pagi untuk menjaga kesehatan usus menurut Cassetty, mulai dari menghidrasi hingga menyisihkan waktu untuk membuat jurnal agar stres tidak menganggu sistem pencernaan Anda.

1. Minumlah Segelas Air

Minum air yang cukup sangat penting untuk motilitas yang baik, atau menjaga pencernaan Anda tetap berjalan, dan menyeruput beberapa hal pertama di pagi hari dapat membantu meredakan dehidrasi yang terjadi dalam semalam.

"Mendapatkan cairan yang cukup dapat membantu hidrasi dan mencegah sembelit, yang mengganggu kesehatan usus Anda keluar jalur," kata Cassetty, dikutip dari Insider.

2. Pertimbangkan Suplemen

Jika Anda sedang mengatasi masalah kesehatan pencernaan tertentu, suplemen dapat membantu. Probiotik mengandung bakteri hidup yang dapat membantu meningkatkan jumlah mikroorganisme bermanfaat di usus, yang terkadang dapat meredakan gejala seperti mual, gas, diare, atau kram.

"Kandungan probiotik tertentu dapat membantu untuk kondisi seperti sembelit dan iritasi usus
sindrom," kata Cassetty.

Misalnya, strain probiotik yang digunakan untuk mengobati sindrom iritasi usus termasuk lactobacillus rhamnosus GG, lactobacillus plantarum, dan bifidobacterium bifidum, kata ahli gastroenterologi sebelumnya kepada Insider.

Cassetty merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen di pagi hari untuk penyerapan terbaik, sekitar 30 menit sebelum sarapan.

3. Konsumsi Makanan Ramah Usus

Yogurt, kacang-kacangan, dan buah adalah pilihan sarapan yang menyehatkan usus. Untuk makan pagi yang bergizi dan memuaskan, sertakan kombinasi lemak sehat, satu porsi produk, dan sekitar 20 gram protein, menurut Cassetty. Direkomendasikan memilih greek yoghurt atau yoghurt yunani karena kandungan protein yang tinggi dan rendah gula.

Bahan sarapan seperti buah beri, kenari, dan makanan nabati lainnya kaya serat, yang membantu memberi makan bakteri menguntungkan di usus, sementara makanan fermentasi seperti yogurt dan kimchi memberikan dosis probiotik hidup untuk meningkatkan bakteri menguntungkan di usus Anda.

Namun, berhati-hatilah untuk membaca labelnya - makanan seperti yogurt beraroma dapat mengandung gula tambahan yang tinggi, yang dapat mengganggu kesehatan usus Anda, kata Cassetty.

Makanan lain untuk hari makan yang ramah usus termasuk biji-bijian, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

4. Makan Kacang Almond

Kacang almond dikenal sebagai salah satu kacang yang paling bergizi, mengandung vitamin E, magnesium, mangan, tembaga, protein, bahan kimia penting, flavonoid, hingga mineral. Almond banyak digunakan untuk mengelola kadar kolesterol, menyeimbangkan tekanan darah, kulit bercahaya bebas jerawat, kulit sehat, meningkatkan memori dan banyak lagi. Dan makan segenggam almond yang direndam setiap hari dapat mendulang manfaat kesehatan tersebut.

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini oleh The American Journal of Clinical Nutrition mengonsumsi segenggam almond setiap hari sangat meningkatkan sintesis butirat, asam lemak rantai pendek yang bermanfaat bagi kesehatan usus. Studi tersebut juga menemukan bahwa almond dapat ditambahkan ke dalam makanan untuk meningkatkan konsumsi serat tanpa memicu gejala usus yang tidak nyaman.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."