5 Minyak Goreng yang Baik untuk Usus, Ada Minyak Zaitun hingga Minyak Kelapa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Minyak zaitun. Freepik.com

Minyak zaitun. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menurut ahli gastroenterologi, kesehatan dimulai dan diakhiri di usus. Maka dari itu, memilih minyak goreng yang tepat salah satu langkah penting. Mengingat cara mengolah bahan makanan dengan digoreng masih menjadi favorit banyak orang termasuk di Indonesia. Kenneth Brown, ahli gastroenterologi bersertifikat dan dokter spesialis gastroenterologi yang berbasis di Plano, Texas, Amerika Serikat, mengatakan minyak goreng yang baik untuk usus adalah minyak yang mudah dicerna dan tidak menyebabkan iritasi atau peradangan pada sistem pencernaan.

Apa saja contohnya? Berikut lima minyak goreng yang baik untuk usus menurut Dr Brown.

1. Minyak Zaitun

Tidak mengherankan jika minyak zaitun masuk dalam daftar Dr. Brown, karena merupakan salah satu jenis minyak paling sehat di planet ini. Ini juga bahan makanan utama dari diet Mediterania.

“Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal, yang telah terbukti menyehatkan jantung,” ujar Dr. Brown. "Minyak zaitun juga mengandung beberapa polifenol yang memiliki sifat anti-inflamasi," tuturnya.

Seperti yang kita ketahui, peradangan atau inflamasi adalah akar penyebab dari banyak kondisi kesehatan dan penyakit termasuk yang berkaitan dengan usus.

Minyak zaitu juga mengandung polifenol, lanjut Dr. Brown, yakni molekul yang memberi warna pada buah dan sayuran, tetapi juga menawarkan manfaat besar untuk usus dan kesehatan yang lebih baik.

"Mikrobiom Anda menggunakan polifenol sebagai makanan prebiotik yang terurai menjadi senyawa anti penuaan, anti inflamasi, dan pelindung saraf yang kuat."

2. Minyak Alpukat

Dr Brown juga memberikan lampu hijau untuk minyak alpukat. Mirip dengan minyak zaitun, juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan polifenol, tetapi memiliki titik asap lebih tinggi daripada minyak lainnya, yang membuatnya sangat bermanfaat untuk memasak.

Selain itu, tinjauan tahun 2019 menyatakan bahwa sumber lemak nabati yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan, dalam beberapa kasus, polifenol, dan fitokimia lainnya, telah dikaitkan dengan peningkatan keragaman bakteri di usus. Semakin beragam mikrobioma usus Anda, semakin baik, jadi jangan berhemat pada minyak alpukat untuk digunakan dalam makanan rumahan Anda.

3. Minyak Biji Rami

Minyak biji rami mungkin kurang umum di sebagian besar rumah tangga dibandingkan dengan dua minyak sebelumnya, tetapi sebaiknya tetap tersedia untuk ditambahkan ke dalam smoothie dan saus Anda.

Dr. Brown mencatat bahwa itu adalah sumber asam alfa-linolenat (ALA) yang kaya asam lemak omega-3 esensial yang baik untuk pencernaan.

“Minyak biji rami dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dengan meningkatkan produksi lendir di usus, yang dapat membantu melindungi dari iritasi dan pembengkakan,” kata Dr. Brown.

4. Minyak Biji Chia

Meskipun biji chia dan biji rami lebih mirip, keduanya merupakan sumber protein nabati, serat, dan lemak sehat yang bagus. Biji chia sebenarnya memiliki sedikit keunggulan di masing-masing bidang ini.

“Minyak biji chia kaya akan omega-3, omega-6, dan asam lemak lainnya,” kata Dr. Brown. “Ini [juga] memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi peradangan di usus," lanjutnya.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa berada di tempat terakhir dalam daftar minyak goreng yang baik untuk usus menurut Dr. Brown. Minyak tersebut kaya akan asam lemak dan vitamin yang juga menjanjikan untuk kesehatan kulit.

Selain itu, sebuah studi tahun 2017 pada tikus menemukan bahwa mereka yang diberi diet tinggi lemak yang mengandung minyak kelapa memiliki lebih sedikit penanda bakteri yang terkait dengan penyakit Crohn. Tikus yang diberi sedikit minyak kelapa (atau mentega kakao) mengalami peradangan usus kecil yang tidak terlalu parah. Itu berarti menunjukkan bahwa menggunakan minyak kelapa sebagai pengganti lemak yang kurang sehat dapat menghasilkan perbaikan pada mereka yang berjuang melawan peradangan usus.

Pilihan Editor: 7 Minyak Goreng Paling Menyehatkan Menurut Studi, Termasuk Zaitun Extra Virgin

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."