11 Cara Merawat Rambut Rusak yang Perlu Diketahui

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi rambut rusak. Shutterstock.com

Ilustrasi rambut rusak. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda sedang mencari cara merawat rambut rusak? Jika iya, Anda berada di halaman yang tepat. Sebelum mengulik cara-caranya, ketahui dulu ada empat faktor penyebab rambut rusak, yaitu kimia, mekanik, termal, dan lingkungan. Menurut Shab Caspara, penata rambut dan ahli trikologi di New York, Amerika, kerusakan rambut akibat zat kimia terjadi karena pewarnaan atau pelurusan rambut serta penggunaan produk-produk tertentu.

"Sementara faktor mekanik yang menyebabkan rambut rusak terjadi saat menyisir rambut terlalu kasar dalam kondisi kusut atau basah, mematahkan rambut dengan ikatan atau aksesori tertentu, serta mengikat rambut terlalu kencang dalam gaya rambut apa pun dalam jangka waktu yang lama," jelasnya dikutip dari laman PureWow, Kamis, 17 Agustus 2023.

Adapun penyebab rambut rusak secara termal disebabkan oleh penggunaan alat panas seperti pengering rambut, pelurus rambut, dan pengeriting rambut. Sementara itu, kerusakan lingkungan disebabkan oleh paparan sinar matahari, polusi udara, kotoran dalam air, dan bahkan angin.

"Faktor lain yang perlu diperhitungkan termasuk pola makan, tingkat stres, tingkat hidrasi, dan ketidakseimbangan hormonal," lanjutnya.

Para ahli perawatan rambut sepakat bahwa memperbaiki rambut rusak adalah sesuatu yang sangat mungkin. Rambut yang sangat rusak mungkin memerlukan waktu antara enam bulan hingga satu tahun untuk mengalami perbaikan, menurut Dereq Clark, penata rambut sekaligus duta merek Wella Professionals.

"Saat Anda memberikan nutrisi pada rambut dengan minyak, itu membantu menjaga kesehatan rambut. Selain itu, penting untuk membersihkan kulit kepala dengan baik, membatasi penggunaan alat panas, dan memilih gaya rambut yang tidak menyebabkan manipulasi berlebihan pada rambut," saran dari Clark. 

Untuk lebih lengkapnya, mari kita simak bersama sederet cara merawat rambut rusak agar kembali sehat dan bersinar.

1. Hindari Bahan Produk Perawatan Rambut yang Terlalu Keras

Dalam menjalani rutinitas perawatan rambut, memilih sampo dan kondisioner yang fokus pada perbaikan dan penguatan helai rambut menjadi langkah krusial dalam merawat rambut rusak.

"Beberapa bahan memiliki kemampuan pembersihan yang sangat kuat, namun agen pembersih yang terlalu keras ini bisa merusak dan melemahkan rambut, membuatnya menjadi rapuh dan mudah kusut. Selain itu, bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit sensitif," jelas Clark.

Apa saja bahan yang perlu dihindari? Yaitu sulfat, minyak mineral, paraben, alkohol, pewangi, dan silikon.

2. Memakai Minyak atau Serum Rambut

Ahli merekomendasikan menambahkan serum atau minyak rambut ke koleksi produk perawatan Anda untuk membantu menjaga ujung rambut agar tetap sehat dan berkilau.

"Produk tersebut membantu melembapkan, melindungi, dan meratakan kutikula rambut, yang sangat penting ketika merawat rambut yang rusak," ungkap Clark.

Dia menyarankan menuangkan beberapa tetes minyak ke telapak tangan Anda, lalu meratakan minyak tersebut dari bagian tengah hingga ujung rambut dengan cara yang lembut dan merata.

3. Perawatan Intensif pada Ikatan Rambut

Perawatan rambut yang bertujuan memperbaiki ikatan merupakan opsi yang sangat berguna ketika Anda ingin memberikan perawatan intensif pada rambut rusak.

"Perawatan ini mampu memberikan hasil yang luar biasa bagi rambut yang rusak akibat faktor kimia dan panas, karena dapat meresap ke dalam batang rambut dan memperbaiki ikatan yang rusak dari dalam," jelas Caspara.

Dia merekomendasikan melakukan perawatan semacam ini setiap dua minggu atau sekali sebulan agar rambut tetap sehat tanpa terlalu banyak produk. Namun perlu diingat, bagi mereka yang memiliki rambut tipis atau halus, sebaiknya hindari penggunaan perawatan ini karena rambut mereka mungkin menyerap terlalu banyak produk.

4. Perawatan Kulit Kepala

Perawatan kulit kepala menjadi langkah penting untuk menjaga kesehatan helai rambut. "Ingatlah bahwa rambut yang sehat berawal dari kulit kepala. Menambahkan perawatan khusus untuk kulit kepala dalam rutinitas mingguan Anda akan mendorong pertumbuhan rambut yang kuat dan sehat," saran Helen Reavey, penata rambut selebritas, ahli trikologi bersertifikat, dan pendiri Act+Acre.

Apakah Anda lebih memilih eksfoliasi kulit kepala, serum, atau masker, perawatan tersebut mampu membersihkan kulit kepala, menghilangkan kotoran dan debu, serta merangsang pertumbuhan rambut.

Reavey menyarankan untuk menggunakan perawatan pilihan Anda sekali seminggu dan membiarkan produk tersebut meresap di kulit kepala selama 15 hingga 20 menit agar hasilnya optimal.

5. Metode Keramas Dua Kali

Bagi Anda yang pernah bertanya-tanya apakah sebaiknya menerapkan teknik cuci rambut atau keramas dua kali saat mandi, para ahli menyetujuinya.

"Anggapan bahwa sering keramas merusak rambut sebenarnya adalah mitos. Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim bahwa keramas dapat merusak rambut, bahkan ada penelitian yang menunjukkan sebaliknya," ungkap Reavey.

Dia merekomendasikan metode keramas dua kali karena yang pertama akan membersihkan kotoran dan sisa produk, sedangkan yang kedua akan lebih mendalam membersihkan kulit kepala.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."