7 Manfaat Sabun Susu Kambing, Pembersih yang Lembut dan Kaya Akan Nutrisi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Cantika.com

google-image
Sabun/Canva

Sabun/Canva

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pilihan sabun mandi beragam di pasaran dengan berbagai formula dan khasiat. Namun, banyak diantara sabun tersebut tidak dibuat dengan bahan alami. Ada salah satu jenis sabun yang tidak memiliki banyak bahan campuran bahan sintetis, yaitu sabun susu kambing (goat milk soap). 

Sabun susu kambing telah lama populer di Indonesia sebagai bahan perawatan kulit. Sabun ini dikenal dengan efek menenangkannya yang cocok digunakan untuk tujuan relaksasi. 

Sesuai dengan namanya, sabun susu kambing terbuat dari susu kambing. Dilansir dari Healthline, sabun ini dibuat melalui proses pembuatan sabun tradisional yang dikenal sebagai saponifikasi, yang melibatkan penggabungan asam, yaitu lemak dan minyak serta basa yang disebut alkali.

Susu kambing kaya akan lemak jenuh dan tak jenuh, sehingga ideal untuk produksi sabun. Lemak jenuh meningkatkan busa sabun atau produksi gelembung. Sementara itu, lemak tak jenuh memberikan sifat pelembab dan nutrisi. Manfaat sabun susu kambing lebih lanjut dapat disimak di bawah ini:

1. Pembersih yang Lembut

Sebagian besar sabun yang dibuat secara komersial mengandung surfaktan keras yang dapat menghilangkan kelembaban dan minyak alami kulit. Maka, sabun-sabun tersebut jika dipakai akan membuat kulit terasa kering dan kencang.

Sedangkan, sabun susu kambing mengandung lemak dalam jumlah tinggi, terutama asam kaprilat, yang memungkinkan untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati secara lembut tanpa menggunakan bahan kimia dan keras, serta tanpa menghilangkan asam lemak alami kulit.

2. Memperbaiki Kulit Kering

Kulit kering yang dikenal sebagai xerosis adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh kadar air yang rendah di kulit. Orang dengan kondisi kulit kering tertentu, yaitu psoriasis dan eksim, seringkali memiliki kadar lipid (lemak) yang lebih rendah, seperti kolesterol, ceramide, dan asam lemak di kulit.

Menurut Dr. Rina Allawh, dokter kulit bersertifikat di Schweiger Dermatology Group, ketika kulit kekurangan lemak (lipid kulit), kulit akan terlihat kering, bersisik dan mudah iritasi. "Bagi mereka yang memiliki eksim dan/atau kulit kering dan sensitif, sabun susu kambing dapat menenangkan dan menghidrasi," tambahnya. 

Dr. Allawh juga mengungkapkan bahwa susu kambing kaya akan lipid alami, vitamin, asam lemak, mineral, dan oligosakarida yang dapat membantu menutrisi mikrobioma alami kulit. Kadar kolesterol dan asam lemak sabun susu kambing yang tinggi dapat menggantikan lemak yang hilang sekaligus memberikan kelembaban untuk memungkinkan retensi air yang lebih baik. 

3. Mencegah Jerawat

Melansir Healthline, sabun susu kambing dapat membantu mengendalikan atau mencegah jerawat karena terdapat kandungan asam laktat. 

Asam laktat adalah pengelupas alami yang dengan lembut mengangkat sel kulit mati, yang membantu mencegah jerawat dengan menjaga pori-pori bersih dari kotoran, minyak, dan sebum berlebih.

Dr. Allawh membenarkan bahwa susu kambing mengandung asam laktat konsentrasi tinggi. Asam ini termasuk dalam asam alfa-hidroksi (AHA) yang membantu mengelupas kulit mati dan memperbaiki kulit kusam. Selain itu, susu kambing juga dapat membuka pori-pori kulit yang dapat menyebabkan jerawat membandel.

4. Eksfoliasi Alami

Adapun AHA juga berfungsi untuk merawat berbagai kondisi kulit, seperti bekas luka, bintik-bintik penuaan, dan hiperpigmentasi, karena kemampuan alaminya untuk terkelupas.

Asam laktat alami yang ditemukan dalam sabun susu kambing, telah terbukti dengan lembut menghilangkan lapisan atas sel kulit mati, memungkinkan kulit menjadi lebih muda. Terlebih lagi, asam laktat dikenal sebagai salah satu AHA yang paling lembut, menjadikannya pilihan tepat untuk mereka yang memiliki kulit sensitif.

5. Melawan Tanda-tanda Penuaan Kulit

Selain terdapat kandungan AHA alami, sabun susu kambing juga kaya akan vitamin A. Seperti yang dijelaskan oleh Dr. Allawh, vitamin A membantu meningkatkan pergantian kulit yang sehat penting dalam perawatan (dan pencegahan) garis halus dan kerutan. 

"Vitamin A topikal juga membantu dalam pengobatan hiperpigmentasi dan membantu meratakan warna kulit yang berubah warna," pungkasnya. Kandungan asam lemak susu kambing yang kaya membuatnya bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit dan menghasilkan penampilan yang lebih awet muda.

6. Memiliki pH Seimbang

Dilansir dari Medicinet.com, dikarenakan susu kambing memiliki pH yang mirip dengan kulit manusia, maka tidak terlalu mengiritasi dan lebih lembut untuk kulit dibandingkan banyak produk lainnya.

Dr. Brent Ridge, salah satu pendiri Beekman 1802 menjelaskan, saat susu kambing digunakan untuk pembersihan, ia tidak mengganggu penghalang mantel asam kulit seperti pembersih lainnya. 

“Mengganggu dan mengiritasi penghalang kulit dapat memicu peradangan kulit dan masalah kulit karena respons pertama kulit terhadap zat asing adalah meningkatkan respons inflamasi," katanya.

"Inilah mengapa sabun susu kambing membuat kulit terasa sangat lembab dibandingkan dengan sabun lainnya, tidak seperti sabun lainnya yang dapat membuat kulit kering dan gatal. Karena susu kambing sangat mirip dengan susu manusia, kulit mengenalinya dan menyerapnya," jelas Dr. Ridge.

7. Kaya Nutrisi

Susu kambing kaya akan asam lemak dan kolesterol, yang membentuk sebagian besar membran kulit. Kurangnya komponen ini pada kulit dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi. Selain itu, susu merupakan sumber vitamin A yang baik, vitamin yang larut dalam lemak yang terbukti memiliki sifat anti-penuaan.

Susu kambing adalah sumber selenium yang baik, mineral yang terbukti mendukung selaput kulit yang sehat. Bahkan dapat memperbaiki gejala psoriasis seperti kulit kering.

Di mana Sabun Susu Kambing Dijual?

Meski sabun susu kambing semakin populer, tidak semua toko menyediakannya. Sebagian besar sabun susu kambing dibuat oleh pemilik usaha kecil, tetapi pengecer yang lebih besar juga biasanya memiliki beberapa pilihan.

Sabun susu kambing juga bisa didapatkan secara online.

Bagi yang ingin mencoba sabun susu kambing, perlu diingat bahwa yang mempunyai alergi, pilihlah sabun susu kambing tanpa pewangi tambahan seperti lavender atau vanila, karena dapat mengiritasi atau memperburuk gejalanya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."