7 Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Tetangga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan mengunjungi rumah tetangga. Foto: Freepik.com

Ilustrasi perempuan mengunjungi rumah tetangga. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sama seperti hubungan lainnya, hubungan dengan tetangga juga perlu kita jaga dan rawat dari waktu ke waktu. Ketika kita tinggal dalam suatu lingkungan baik itu di komplek perumahan, perkampungan, atau apartemen, menumbuhkan ikatan positif dan fungsional dengan tetangga merupakan hal yang penting. Sebab hubungan yang damai membentuk dasar lingkungan yang harmonis, di mana individu hidup berdampingan dalam pengertian dan saling menghormati. Lantas, seperti apa cara menjaga hubungan baik dengan tetangga? Berikut tujuh di antaranya.

1. Memperkenalkan Diri

Jika Anda warga baru dilingkungan itu, perkenalan yang baik membantu orang lain untuk bersikap ramah kepada Anda. Anda bisa saja menyapa, memberi hadiah kecil (tidak terlalu mewah), mengumpulkannya untuk makanan kecil buatan sendiri, atau sejenisnya.

Pengenalan bersama dengan hadiah kecil akan memberikan kesan yang baik dan membantu Anda menyesuaikan diri dengan mudah. Pertahankan hubungan baik dengan tetangga dan perlakukan mereka sebagaimana Anda ingin diperlakukan, yakni dengan rasa hormat, pertimbangan, dan berempati.

2. Saling Menghormati Batasan

Untuk memiliki hubungan baik dengan tetangga Anda, sangat penting untuk menjaga batasan yang sehat. Setiap orang menghargai tempat mereka sendiri dan campur tangan dari luar sangat tidak diterima. Oleh karena itu, hindari mengintip ke dalam jendela atau mengetuk pintu dengan alasan 'mendengar suara' atau 'membenturkan peralatan'.

3. Hindari Membuat Kebisingan 

Tidak ada yang suka dibangunkan oleh musik keras yang diputar di tengah malam atau mengganggu waktu keluarga mereka. Musik yang keras tidak hanya mengganggu pola tidur, tetapi juga dapat menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua, balita, dan hewan peliharaan. Jadi, pastikan musik yang Anda mainkan sampai ke telinga Anda sendiri dan tidak sampai ke telinga orang lain.

4. Jangan Terjebak dengan Gosip

Saat Anda baru di apartemen atau perumahan, umumnya mencoba bersosialisasi dengan semua orang untuk persahabatan. Tapi, dalam prosesnya tidak jarang terseret ke dalam kelompok. Pastikan grup Anda tidak mempromosikan rumor dan gosip tentang orang lain dan tidak menarik Anda ke dalam politik di lingkungan. Untuk menjaga perdamaian dengan tetangga, yang terbaik adalah tidak berkutat pada gosip dan skandal.

5. Berkomunikasi dengan Baik

Mengonfrontasi tetangga tentang masalah yang mereka timbulkan, terlebih lagi ketika Anda warga baru bisa saja disebut si pengeluh. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga komunikasi yang baik agar masalah dapat diselesaikan sedini mungkin tanpa masalah berkembang.

Jadi, jika cara mereka membuang tempat sampah di tempat terbuka menyebabkan masalah bagi Anda, beri tahu mereka. Atau jika asap dari dapur mereka mencapai tempat tinggal Anda, beri tahu mereka. Komunikasiberdasarkan fakta dapat memecahkan setengah masalah.

6. Menjaga Kebersihan Tempat Tinggal

Sangat penting untuk menjaga properti Anda dan sekitarnya terawat dan bersih. Membawa pulang tanaman untuk estetika bukanlah akhir dari tanggung jawab Anda, penting juga untuk memastikan bahwa tanah tidak dipenuhi serangga dan daun tidak beterbangan setelah pengeringan. Demikian pula, pastikan sampah Anda tidak berserakan, sehingga menimbulkan kekacauan yang bau. Bagaimanapun, lingkungan yang bersih adalah ruang hidup yang ideal.

7. Menawarkan Bantuan

Menyelesaikan tugas bisa merepotkan dan terkadang kita malas sendiri. Tetapi, jika Anda melihat tetangga lansia Anda berjuang dengan pekarangan atau pekerjaan kasar, tawarkan bantuan. Atau jika tetangga Anda adalah ibu baru yang berjuang antara bayi dan pekerjaan rumah, tawarkan bantuan untuk mengasuh bayi atau sejenisnya, apa pun yang tampaknya mungkin Anda lakukan. Sedikit kebaikan bisa berdampak besar ke depannya.

Pilihan Editor: Jaga Jarak, 5 Zodiak Ini Berpotensi jadi Tetangga yang Buruk

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."